Manfaat Akupressure untuk Kecantikan

Manfaat Akupressure untuk Kecantikan

BIBLIOTIKA - Selain untuk pengobatan, akupressure juga dapat pula dimanfaatkan untuk tujuan menjaga atau merawat kecantikan, sebab dapat menghambat munculnya kerut-kerut di bagian wajah. Untuk tujuan ini, maka akupressure dilakukan pada titik yang disebut ‘tayyang’ di bagian pelipis, titik ‘se pai’ yang terletak di atas lubang hidung, titik ‘yin siang’ yang terletak di sisi hidung, titik ‘cuen liao’ yang ada di sudut wajah, titik ‘cia ce’ yang terletak pada rahang bagian belakang, dan titik ‘ci ciang’ yang terletak di dekat sudut bibir.

Apabila kita melakukan akupressure sendiri secara teratur, misal di rumah, maka hal itu akan membantu tersedianya aliran darah yang lancar serta oksigen yang cukup pada bagian kulit. Begitu pula aliran bioenergi pada bagian kulit pun akan meningkat secara positif, sehingga sel-sel kulit yang tua atau sudah rusak akan terganti dengan sel-sel kulit yang baru.

Titik-titik yang terdapat pada bagian wajah sangat berpengaruh pada kulit yang ada di daerah sekitarnya. Misalnya daerah kerut wajah. Kita memiliki suatu titik yang disebut ‘tai yang’, yaitu suatu titik di daerah kening. Apabila titik ini sering diurut atau dipijat, maka akan dapat menghilangkan sakit kepala serta memberikan rasa kesegaran.

Selain itu, titik tersebut juga sangat berpengaruh dalam hal bioenergi yang ada di bagian wajah. Dengan pemijatan akupressure yang teratur, maka sel-sel kulit yang telah mengalami penuaan akan digantikan, sejalan dengan lancarnya aliran darah yang menuju ke bagian wajah. Dengan begitu, maka wajah pun akan selalu sehat dan segar.

Ada pula suatu titik yang disebut sebagai ‘daerah T’, yaitu di bagian antara dua bola mata dan batang hidung, yang dianggap sebagai daerah kulit wajah yang sering mendapatkan gangguan jerawat, kerut wajah dan problem wajah lainnya. Karenanya, dianjurkan agar daerah tersebut sering-sering dipijat atau diurut untuk menjaga kesegaran serta kebersihannya.

Terakhir, pada bagian puncak kepala, atau persisnya di pertengahan garis antara kedua telinga, terdapat suatu titik yang disebut sebagai ‘titik pai hui’. Pemijatan pada titik ini akan bermanfaat untuk mengatasi keluhan sakit kepala dan juga stroke.

Cara pembacaan denyut energi

Konsep yang paling penting di dalam pengobatan dengan menggunakan metode akupressure adalah pembacaan denyut energi. Dalam akupressure, denyut diartikan sebagai suatu titik pada bagian lengan yang dapat dirasakan untuk menentukan aliran energi pada meridian. Ada sembilan denyut yang berbeda yang ada di bagian lengan bawah yang berhubungan dengan syaraf di bawah lengan.

Masing-masing denyut ini memiliki dua fase, yaitu fase dangkal dan fase dalam. Pada umumnya, apabila denyut yang dangkal tidak terasa, maka seseorang mendapat suatu masalah pada bagian organ yang berhubungan dengan meridian tersebut. Tetapi jika denyut bagian dalamnya juga tidak terbaca, maka dapat dipastikan ia berada pada tingkat yang lebih parah.

Membaca denyut energi dapat dilakukan dengan merasakan keras-lemahnya, iramanya, atau juga kecepatannya. Kadang-kadang denyut energi ini terasa menyembur, kadang pula terasa seperti tetesan. Bahkan pula terkadang rasanya seperti cara jalan ular yang meliuk-liuk. Beberapa denyut terasa lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Misalnya, seseorang yang menderita gangguan jantung, maka akan terbaca dari denyut dangkalnya dan akan ditemukan perubahan kecepatan denyut setiap sepuluh hitungan.