Macam-macam Penyakit dan Kejahatan di Internet, Serta Cara Mencegahnya (3)

Macam-macam Penyakit dan Kejahatan di Internet, Serta Cara Mencegahnya

BIBLIOTIKA - Setelah mempelajari berbagai penyakit dan kejahatan yang bisa terjadi di internet, sebagaimana yang telah diuraikan di artikel sebelumnya (Macam-macam Penyakit dan Kejahatan di Internet, Serta Cara Mencegahnya 2), sekarang kita akan membahas cara mencegahnya.

Cara-cara pencegahan

Pada saat ini, ada lebih dari 50.000 jenis malware yang berkeliaran di internet dan siap membuat komputer Anda sakit. Lalu bagaimana cara menghindari atau mencegah serangan penyakit ini, sehingga komputer Anda senantiasa sehat?

Tidak ada jalan lain, Anda harus berinternet secara sehat pula. Ingatlah selalu bahwa penyakit ini datang dari internet. Dan sebagaimana penyakit di dunia kita, bibit penyakit selalu bersarang di tempat-tempat yang tidak bersih.

Karenanya, untuk dapat mencegah masuknya penyakit internet itu ke komputer, maka tips-tips berikut ini layak Anda perhatikan:

Sebaiknya hindari situs-situs yang “berbahaya” atau rawan penyakit semisal situs porno, atau situs-situs yang menyediakan konten gratis tetapi secara ilegal. Para pembuat malware tahu bahwa situs-situs semacam itu biasanya dikunjungi banyak orang. Karenanya, mereka pun menyiapkan bibit penyakit mereka di situs-situs semacam itu. Ketika Anda terhubung dengan situs-situs semacam itu, maka komputer Anda akan rawan terkena penyakit.

Usahakan agar Anda tidak meng-klik pesan “Next” yang ada di situs-situs tertentu yang mencurigakan, atau yang belum Anda kenali. Yang sering terjadi, pesan “Next” semacam itu digunakan dengan tujuan untuk menjebak agar malware bisa masuk ke komputer Anda. Cara kerjanya kurang lebih seperti ini. Anda masuk ke suatu situs, lalu muncul pesan bahwa Anda baru bisa melihat isi situs tersebut jika Anda meng-klik pesan yang muncul di layar. Begitu Anda meng-klik pesan itu, maka program malware pun masuk ke komputer Anda.

Hindari meng-klik sebah link alamat yang terdapat pada sebuah e-mail, jika Anda tidak yakin dengan alamat tersebut, atau tidak kenal dengan pengirim e-mail tersebut. Mungkin bisa saja Anda berpikir bahwa link itu hanyalah alamat situs biasa. Tetapi bisa pula link itu adalah sebuah situs yang telah menunggu kedatangan Anda. Artinya, begitu Anda meng-klik link alamat tersebut dan masuk ke situs yang dituju, bersamaan dengan itu pula sebuah malware disusupkan ke komputer Anda.

Hati-hati jika Anda men-download program atau aplikasi yang disediakan secara gratis. Memang ada banyak software atau program gratisan yang berkualitas baik, tetapi tidak semuanya. Ada kalanya sebuah program diberikan secara gratis, tetapi ternyata di dalamnya telah disusupi malware yang kemudian menjadikan komputer Anda terserang penyakit. Dampak yang paling menjengkelkan dari kenyataan semacam itu adalah kinerja komputer Anda jadi sangat lambat, dan biaya internet Anda akan langsung membengkak.

Jika Anda memasuki halaman suatu situs dan diminta untuk menginstal suatu program tertentu dengan tujuan tertentu, sebaiknya tinggalkan saja situs itu. Pertama, Anda tidak membutuhkan hal semacam itu. Anda tidak perlu repot menginstal sesuatu hanya untuk melihat sebuah halaman situs. Dan kedua, yang sering terjadi, program yang diminta untuk diinstal itu hanyalah cara yang digunakan pembuat malware untuk memasukkan virus penyakit mereka ke komputer Anda. Begitu Anda mau menginstalnya, maka saat itulah malware masuk dan menjangkiti komputer Anda.

Biasanya, browser Internet Explorer menjadi sasaran para pembuat virus penyakit. Karenanya, jika Anda ingin aktivitas berinternet Anda lebih aman, sebaiknya gunakan browser lain selain Internet Explorer, semisal Mozilla Firefox atau yang lainnya.

Gunakan program anti spyware untuk menghadapi serangan malware atau spyware. Program anti spyware dapat mencegah masuknya program yang akan mengganggu dan menyerang komputer.