Macam-macam Penyakit dan Kejahatan di Internet, Serta Cara Mencegahnya (1)

Macam-macam Penyakit dan Kejahatan di Internet, Serta Cara Mencegahnya

BIBLIOTIKA - Mungkin Anda sudah terbiasa dengan virus yang memang sulit untuk dihilangkan sama sekali di internet. Tetapi tahukah Anda, ada hal lain selain virus yang juga dapat membahayakan komputer Anda.

Di internet, hal lain itu disebut kutu atau malware, dan kutu inilah yang kemudian menyebabkan penyakit untuk komputer Anda. Ketika penyakit tersebut sudah menjangkiti komputer Anda, maka gejalanya akan dapat terlihat seperti komputer yang makin lambat kinerjanya, dan semacamnya.

Karenanya, ketika Anda terhubung dengan internet, dan kemudian Anda merasakan kinerja komputer Anda sudah tak bisa lagi sebagus biasanya, maka hampir bisa dipastikan kalau komputer Anda telah terserang penyakit dari internet yang berupa kutu yang menyusupi sistem komputer Anda.

Berikut ini adalah kutu atau malware yang biasa ada di internet.

Adware

Adware adalah iklan yang dimasukkan secara tersembunyi di dalam sebuah program, yang memang disengaja oleh pembuat programnya. Pada umumnya, program adware ini diberikan secara gratis, tetapi dengan keharusan pemakai mau menerima iklan yang ada di dalam program tersebut.

Contohnya seperti ini. Anda menggunakan suatu program komputer secara gratis, hanya saja di dalam program itu terdapat iklan-iklan tertentu. Jadi, setiap kali Anda menggunakan program tersebut, maka mau tak mau Anda harus melihat iklan yang ada di dalamnya. Meski hal ini bisa dianggap tidak masalah, tetapi keberadaan iklan-iklan itu ikut menyita kinerja komputer Anda.

Browser Helper Object

Biasa disingkat BHO, yaitu pembajak yang menampilkan link pada toolbar. Pada umumnya, BHO melakukan kegiatan mata-mata untuk mencatat kegiatan pengguna internet, dengan cara menambahkan toolbar khusus di samping tampilan browser yang Anda gunakan.

Browser Hijackers

Ini adalah keadaan dimana browser Anda dimasuki oleh link tertentu, yang menyebabkan dan memaksa Anda untuk masuk pada sebuah situs, walaupun Anda sudah benar ketika mengetik alamat situs yang Anda inginkan. Artinya, program browser Anda secara tidak langsung sudah dibajak dan diarahkan ke situs tertentu yang diinginkan pembuatnya.

Dialer

Ini adalah jenis malware yang memasukkan fungsi otomatis untuk koneksi internet, bahkan tidak jarang program dapat aktif sendiri secara diam-diam. Hal ini akan menyebabkan tagihan telepon Anda mendadak membengkak karena akses internet secara terus-menerus, meski Anda mungkin tidak merasa menggunakannya.

Drive-by downloads

Ini merupakan program yang diinstal, tetapi tidak diketahui oleh pemilik komputer. Cara malware ini bekerja adalah dengan memanfaatkan kelemahan yang terdapat dalam sistem Internet Explorer.

Homepage Hijacking

Malware jenis ini paling banyak dilakukan oleh pembuat malware. Caranya adalah dengan mengganti alamat situs pada default browser, dan tidak dapat diubah meskipun Anda sudah melakukan setting ulang.

Keylogger

Malware yang merupakan program yang ditujukan untuk masuk dan mencatat apa yang Anda ketik, dan kemudian mengirimkan data yang Anda ketikkan tersebut ke server pembuat malware. Malware ini memungkinkan orang lain mengetahui data-data rahasia Anda, semisal nomor rekening, password, nomor PIN, dan semacamnya.

Retrospies

Program Malware yang sengaja ditujukan untuk upaya mematikan anti spyware. Ketika komputer Anda dilengkapi dengan program anti spyware, maka retrospies dikirimkan dengan tujuan untuk merusakkan atau melemahkan program anti spyware di komputer Anda.

Scumware

Malware ini biasanya diartikan sebagai program yang tidak dinginkan dan masuk ke komputer tanpa ijin pemiliknya.

Search Hijackers

Merupakan malware yang berupa kontrol, yang dilakukan sebuah search engine pada browser. Contohnya, bila Anda salah menulis alamat situs tujuan, maka program ini biasanya akan menampilkan begitu banyak pop up iklan yang tidak karuan.

Surveillance Software

Ini merupakan salah satu program yang berbahaya, karena mencatat kegiatan pada sebuah komputer, termasuk data penting, password, dan lainnya. Program ini sangat pintar, dan baru mengirim data kepada pengirimnya, setelah seseorang yang dituju selesai melakukan suatu aktivitas.

Thiefware


Malware ini difungsikan untuk mengarahkan pengunjung situs untuk masuk ke situs lain yang mereka kehendaki. Cara ini tidak ilegal, tetapi dinilai kasar.

Trojan Horse

Merupakan suatu program yang dikategorikan sebagai virus. Fungsinya adalah untuk mengontrol komputer yang terinfeksi untuk kemudian diarahkan sesuai keinginan pengirim trojan.

Baca lanjutannya: Macam-macam Penyakit dan Kejahatan di Internet, Serta Cara Mencegahnya (2)