Kiat Pengereman Kendaraan di Jalan Saat Hujan

Kiat Pengereman Kendaraan di Jalan Saat Hujan

BIBLIOTIKA - Mengendarai kendaraan di musim hujan memerlukan persiapan khusus dibandingkan mengendarai di musim kemarau. Pada saat hujan, jalan menjadi licin sehingga berisiko kendaraan akan mudah tergelincir, selip, terbalik atau mengalami kecelakaan fatal. Belum lagi jika banjir menggenang, air dapat masuk dan membasahi komponen rem. Karenanya perlu kiat tersendiri untuk melakukan pengereman saat mengendarai kendaraan di musim hujan.

Berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:
  1. Jangan melakukan pengereman mendadak pada jalan basah.
  2. Bila mobil dalam keadaan meluncur, pindahkan persneling ke posisi lebih rendah dengan reaksi cepat agar terjadi engine brake. Sehingga laju kendaraan berkurang dan pengereman dapat berlangsung secara perlahan.
  3. Tindakan di atas juga harus diimbangi dengan antisipasi terhadap gerak roda kemudi. Tujuannya agar kendaraan tetap berada pada posisinya.
  4. Jika mobil tergelincir, Anda tak perlu panik. Kurangilah kecepatan kendaraan sambil dibantu dengan pengereman bertahap.
  5. Untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System) maka rem akan bekerja lebih baik karena ABS berfungsi menghindari selip saat melakukan pengereman. Gunakanlah rem tangan di jalanan menanjak saat terjadi antrean kendaraan yang bisa menyebabkan kendaraan berhenti. Saat mobil berjalan lagi, jangan melakukan pelepasan pedal kopling dan menekan gas secara mendadak. Hal ini akan membuat ban selip dan mobil oleng ke kiri atau ke kanan.
  6. Berhati-hatilah pada jalanan menurun saat hujan.
  7. Sebaiknya gunakan selalu gigi rendah saat melintas jalan menurun maupun memasuki tikungan agar aman.
  8. Kendaraan yang melaju dengan kecepatan 60-70 km/jam dapat menyebabkan mobil mudah tergelincir. Apalagi di jalanan yang bergelombang, mobil dapat bergerak tak beraturan.
  9. Hati-hati jika suspensi tidak bekerja, karena mobil bisa tergelincir.
  10. Saat berkendara di jalan tol pada musim hujan, jaga jarak dengan baik. Hindarkan pengereman secara mendadak. Jika terpaksa menginjak rem, lakukanlah dengan bertahap supaya saat penurunan gigi persneling akan didapat efek engine brake.
  11. Hindari berkendara dengan zig-zag karena ban yang tidak lurus dengan permukaan jalan dapat menyebabkan ban tak mampu membelah air dengan sempurna sehingga menyebabkan selip.
  12. Berhati-hatilah saat melewati genangan air saat banjir, karena air dapat masuk dan membasahi komponen rem.
  13. Bagi mobil yang masih menggunakan rem tromol, jika air sudah membasahi permukaan rem maka rem bisa tidak bekerja. Gunakan gigi persneling terendah atau gigi satu agar mobil mudah berhenti. Setelah melewati banjir, jalankan mobil sambil menginjak pedal rem. Mainkan pedal rem agar air berkurang dan kering sehingga rem bisa berfungsi kembali.