Kiat Menghindari Kejahatan Saat Berkendara

Kiat Menghindari Kejahatan Saat Berkendara

BIBLIOTIKA - Situasi di jalanan, apalagi di kota-kota besar yang semakin tidak aman, membuat para pengemudi harus ekstra hati-hati saat berkendara. Sebab, tidak jarang terjadi aksi penodongan atau perampokan terhadap para pengendara yang lengah, dan hebatnya, sering dilakukan di tempat-tempat yang ramai.

Untuk menghindari hal-hal semacam itu, perhatikan saja anjuran berikut ini saat Anda berkendara:

Sebelum meninggalkan mobil di tempat parkir, pastikan semua pintu mobil terkunci dan jendela tertutup rapat. Kesalahan ini yang sering dilakukan seseorang saat parkir di sebuah tempat, akibatnya ketika kembali, mobilnya telah raib. Jangan lupa, meski telah dikunci, periksa lagi kendaraan Anda.

Jangan pernah membuka kaca mobil kecuali laju kendaraan Anda cukup kencang, atau ketika berada di daerah-daerah yang sekiranya aman.

Jangan meninggalkan barang berharga semacam ponsel atau dompet di dalam mobil saat keluar, ataupun menaruh barang tersebut di tempat-tempat yang bisa terlihat dari luar mobil.

Jangan lupa untuk membawa alat-alat pengaman yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Benda-benda seperti kunci roda, tang, kunci Inggris, tongkat baseball dan semacamnya, dapat berguna untuk membela diri seandainya suatu saat Anda terpaksa harus mempertahankan diri dari penodong atau penjahat.

Saat berhenti di perempatan yang sering rawan, usahakan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan Anda. Dengan demikian, saat dikepung oleh penjahat, Anda tinggal tancap gas dan meninggalkan tempat tersebut. Dan bila dikuntit orang, jangan pernah berhenti di tempat yang sepi karena hal itu hanya akan membahayakan keselamatan Anda sendiri.