Kiat Agar Selamat Dalam Perjalanan Mudik

Kiat Agar Selamat Dalam Perjalanan Mudik

BIBLIOTIKA - Seperti yang kita tahu, perjalanan saat mudik lebaran adalah ‘perjalanan massal’ dimana begitu banyak orang melakukan perjalanan (dari kota perantauan ke kampung halaman) secara bersamaan. Akibatnya, jalan raya seringkali menjadi macet, dan lalu lintas semakin semrawut. Lebih dari itu, para pengendara pun sepertinya sudah tak sabar ingin segera sampai di kampung halaman, hingga terkadang mereka sampai terkesan terburu-buru selama dalam perjalanan. 

Di bawah kondisi lapar karena bulan puasa, terburu-buru ingin segera sampai, serta kondisi jalan raya yang padat dan semrawut, tentunya berbahaya jika tidak hati-hati selama dalam perjalanan. Berikut ini adalah kiat-kiat agar selamat selama dalam perjalanan mudik menuju kampung halaman.

Saat berkendara di jalan:

Apabila mobil yang Anda kendarai mogok di jalan, segera pinggirkan kendaraan Anda ke bahu jalan.

Nyalakan lampu hazard dan pasang segitiga pengaman.

Anda bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri kendaraan Anda. Namun jika tidak berhasil, Anda bisa menghubungi bengkel terdekat. Selama mudik, cukup banyak bengkel yang buka hingga 24 jam.

Jika tidak menemukan bengkel untuk membetulkan mobil Anda, hubungi kantor atau pos polisi terdekat, atau tunggulah beberapa saat sampai patroli jalan raya datang untuk memberikan bantuan.

Bila Anda mengantuk, turunkan kecepatan kendaraan Anda sampai 60 km/jam dan berjalanlah di lajur kiri (lajur 1).

Carilah tempat istirahat (rest area) terdekat dan berhentilah di lokasi tersebut untuk beristirahat.

Jika Anda melihat kecelakaan, sampaikanlah informasi kejadian kecelakaan tersebut ke pos polisi terdekat yang Anda lewati.

Dan yang paling penting, mengemudilah dengan tenang, waspada dan hati-hati.