Internet Tidak Sama dengan Web

 Internet Tidak Sama dengan Web

BIBLIOTIKA - Istilah “internet” sebenarnya tidak sama dengan istilah “web”. Pada saat ini, mungkin kedua istilah tersebut sudah menjadi satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan, karena orang biasanya beranggapan bahwa internet adalah web, atau sebaliknya.

Padahal, web dan internet adalah dua hal yang berbeda. Internet adalah jaringan (fisik) yang terkoneksi atau terhubung dengan jutaan komputer yang menggunakan protokol yang sama untuk sharing / mengirimkan informasi (TCP/IP). Dalam kenyataannya, internet adalah gabungan dari jaringan-jaringan yang lebih kecil.

Sedangkan web, atau World Wide Web, adalah koleksi dari dokumen multimedia atau berbagai media yang dimasukkan ke dalam jaringan internet dengan menggunakan protokol HTTP.

Kata kunci pembeda yang tepat untuk membedakan antara internet dan web adalah; internet adalah hardware, sedangkan web adalah software. Sedang aplikasi yang didukung oleh internet adalah e-mail, telnet, ftp, instant messanger, gopher, dan lain-lain.


Waktu yang dibutuhkan untuk “mengkhatamkan” isi internet

Tahukah Anda, diperlukan setidaknya waktu 31.000 tahun jika Anda ingin mengkhatamkan alias membaca keseluruhan data dan informasi yang ada di internet saat ini. Setidaknya, itulah yang dinyatakan oleh tim dari Microsoft dan Google.

Tim di Microsoft Bing menyebutkan telah mengumpulkan lebih dari satu triliun halaman web, sedangkan Google menyebutkan telah mengindeks lebih dari satu triliun alamat web.

Angka itu menunjukkan bahwa alamat web yang ada di internet lebih banyak dibandingkan dengan jumlah manusia di muka bumi. Populasi manusia di seluruh dunia saat ini hanya mencapai sekitar 6,7 miliar. Jika dirata-rata, maka itu berarti ada 150 halaman web untuk tiap orang di seluruh dunia. Karenanya, jika meluangkan waktu satu menit untuk tiap website yang ada, maka akan butuh waktu selama 31 ribu tahun untuk dapat menghabiskannya tanpa tidur.

Jika merujuk pada perhitungan waktu yang digunakan Microsoft, maka akan lebih lama lagi. Tim di Microsoft Bing menyatakan bahwa rata-rata orang akan butuh enam ratus ribu dekade untuk membaca semua informasi yang ada di internet.

Sekadar informasi, angka pengguna internet di dunia saat ini tercatat 1.596.270.108 atau 23,8% dari total penduduk dunia yang berjumlah 6.0706.993.152 jiwa. Sedangkan lima negara pengguna internet terbesar adalah China dengan total 298 juta pengguna atau 22,4% dari jumlah penduduk. Di posisi dua adalah AS dengan 227 juta pengguna atau 74,7%. Sedangkan Jepang (94 juta atau 73,8%) , India (81 juta atau 7,1%) dan Brazil (67,5 juta atau 34,4%) di posisi selanjutnya.

Lalu kira-kira kapan semua orang di muka bumi akan bisa online? Sepertinya, untuk yang satu itu masih sulit diprediksikan.