Herbologi: Penyembuhan dengan Tanaman Herbal (1)

Herbologi: Penyembuhan dengan Tanaman Herbal

BIBLIOTIKA - Jauh-jauh hari sebelum kehidupan semodern sekarang, kakek dan nenek moyang kita telah terbiasa hidup dengan memanfaatkan aneka macam kekayaan alam sebagai sarana untuk bertahan hidup, sekaligus juga untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang biasa muncul. Penggunaan kekayaan alam untuk pengobatan itu kemudian diwariskan secara turun-temurun, dari satu generasi ke generasi yang lain—hingga di masa sekarang.

Di berbagai daerah dan di berbagai tempat di Nusantara, masih banyak orang yang menggunakan kekayaan alam untuk mengatasi berbagai penyakit, khususnya penyakit-penyakit yang biasa muncul dalam kehidupan sehari-hari. Kekayaan alam yang dimaksud di sini bisa berupa daun-daunan atau akar-akaran, buah-buah tertentu yang biasa tumbuh di kampung-kampung, ataupun tanaman-tanaman yang biasa muncul di lingkungan sekitar kita.

Meskipun dunia medis dan kedokteran terus menciptakan temuan-temuan obat dan pil-pil baru, tetapi pengobatan dengan cara tradisional dan tumbuhan herbal tak pernah punah dan tetap dipercaya banyak orang hingga sekarang. Hal ini terjadi, mungkin saja karena pertimbangan bahwa pengobatan dengan menggunakan resep tradisional dan tumbuhan herbal lebih alami, karena menggunakan bahan-bahan yang sama alaminya.

Berbeda dengan pil atau obat-obatan modern yang bersifat kimiawi, obat-obatan tradisional diambil langsung dari kekayaan alam yang masih segar, tanpa kandungan unsur kimia di dalamnya.

Keampuhan resep-resep tradisional tumbuhan herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit memang tak dapat disangkal lagi. Pada masa sekarang ini, produk-produk semacam jus mengkudu, susu kedelai, atau yang lainnya dipercaya dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit. Kenyataan kecil itu saja sudah menunjukkan kepada kita semua bahwa kekayaan alam tetap memberikan sumbangan besar bagi kesehatan manusia, meski obat-obatan kimia terus diproduksi dan dipasarkan.

10 resep penyembuhan herbal

Berikut ini adalah 10 (sepuluh) macam keluhan penyakit, dari yang ringan sampai yang berat, yang bisa diatasi dengan ramuan herbal. Uraian ini bertujuan untuk mengenalkan serta mendekatkan kembali kita semua dengan kekayaan alam sekitar, agar tidak hanya menjaga kelestariannya, tetapi juga dapat mengambil manfaatnya yang besar untuk tujuan kesehatan.

Mengatasi cacar

Anak-anak kecil biasanya yang terjangkit penyakit cacar ini. Karenanya, biasanya yang menjadi panik adalah orangtuanya. Kalau kebetulan Anda juga memiliki anak kecil yang terkena cacar, resep berikut ini dapat membantu mengurangi kepanikan Anda.

Siapkan lima lembar daun jarak yang masih muda atau yang sudah tua. Kemudian rebuslah dengan air sampai menjadi matang. Setelah itu, masukkan air rebusan tadi ke dalam air bersih, dan gunakan air tersebut untuk mandi anak Anda yang terkena cacar.

Lakukan hal ini dua kali sehari, dan cukup hanya dua hari saja, dilakukan pada waktu mandi pagi dan sore.

Mengatasi cachexia/kedengkik

Cachexia atau yang disebut juga kedengkik terjadi apabila tubuh mengalami penurunan atau menjadi kurus dalam taraf yang tidak normal. Penderita penyakit ini biasanya anak-anak, karena cachexia pun tergolong sebagai penyakit anak.

Penyakit ini biasanya juga diikuti dengan batuk atau penyakit usus. Akibatnya, makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh kurang dapat dicerna oleh alat pencernaan, sehingga lama-lama si penderita menjadi kurus atau mengalami penurunan berat tubuh.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan berat badan yang berangsur-angsur turun, mata menjadi sayu dan cekung, napas dan denyut jantung menjadi lemah, kulit jadi keriput seperti pada orang tua, ubun-ubun menjadi tenggelam, dan perut kembung serta buang air besar tidak teratur.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan resep berikut ini:

Siapkan ¼ genggam daun kaki kuda, ¼ daun pepaya, ½ jari rimpang temu giring, ¼ genggam daun jintan, dan 2 jari gula enau. Semua bahan dicuci dan kemudian dipotong-potong seperlunya.

Setelah itu, rebuslah bahan-bahan di atas dengan menggunakan air bersih sebanyak dua gelas. Teruslah direbus sampai air rebusannya tinggal ¾-nya. Setelah itu angkat dan diamkan. Setelah airnya dingin dapat disaring dan diminumkan pada si penderita, tiga kali sehari.

Mengatasi diabetes melitus

Siapkan ¾ genggam daun lampas, lalu cucilah sampai bersih. Kemudian direbus dengan menggunakan air sebanyak tiga gelas. Terus direbus sampai airnya tinggal ¾-nya. Setelah itu diangkat dan dinginkan.

Apabila airnya sudah dingin, saring dan minumlah setelah makan, sebanyak tiga kali sehari dengan dosis ¼ gelas.

Mengatasi penyakit eksim

Penyakit eksim merupakan suatu radang pada lapisan kulit bagian atas. Penyakit ini disebabkan oleh adanya rangsangan zat-zat kimia semisal sabun, salep atau yang lainnya, karena rangsangan iklim, hawa panas, dingin, lembab dan lainnya, dan penyakit ini biasanya terdapat pada bagian kaki, tetapi juga terkadang muncul di bagian muka dan kepala.

Pada mulanya, penyakit eksim biasanya ditandai dengan adanya rasa panas dan gatal-gatal pada bagian kulit, lalu bagian kulit yang terkena eksim akan melepuh dan berwarna kemerah-merahan. Bagian yang melepuh itu berisi nanah, dan kadang-kadang bagian yang melepuh itu kemudian mengering sehingga kulit akan nampak seperti bersisik.

Untuk mengatasi eksim, Anda dapat menggunakan resep berikut ini.

Siapkan daun kecubung sebanyak 25 gram dan sedikit minyak kelapa. Tumbuklah daun kecubung tersebut, lalu bubuhi dengan minyak kelapa. Panaskan sebentar sampai menjadi hangat atau suam-suam kuku, lalu gosokkan pada bagian yang terkena eksim.

Baca lanjutannya: Herbologi: Penyembuhan dengan Tanaman Herbal (2)