Herbal untuk Mengatasi Kanker Payudara

 Herbal untuk Mengatasi Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Penyakit kanker memang termasuk penyakit yang menakutkan bagi banyak orang, termasuk kanker payudara. Penyakit yang satu ini ditakuti banyak wanita, bukan hanya karena dapat merampas kecantikan wanita, tetapi juga dapat merenggut nyawa penderitanya. Kanker payudara memang menduduki peringkat atas sebagai jenis penyakit yang sulit disembuhkan, karena bisa muncul kembali meski si penderita telah dioperasi dan dinyatakan sembuh.

Dalam upaya mengatasi kanker payudara, penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Kanada di laboratorium Universitas Western, Ontario, AS, menyebutkan bahwa daun tanaman tapak dara terbukti dapat mencegah sel kanker payudara yang selama ini menjadi hantu menakutkan bagi kaum wanita.

Seperti yang telah banyak diuraikan oleh jurnal-jurnal kesehatan, munculnya penyakit kanker yang satu ini biasanya diawali dengan adanya benjolan seperti bisul yang bersarang di daerah payudara. Untuk mengetahui adanya kanker atau tidak, dokter menyarankan agar para wanita sesering mungkin melakukan pendeteksian dini dengan cara menghadap ke kaca atau cermin, lalu meraba payudaranya sendiri untuk merasakan adanya benjolan ataukah tidak.

Apabila dirasa terdapat suatu benjolan seperti bisul di dalamnya dan terasa nyeri yang tak juga hilang, maka tidak menutup kemungkinan kalau itu adalah tanda adanya kanker payudara.

Menurut medis, gejala kanker payudara lebih disebabkan oleh perkembangan sel-sel atau jaringan abnormal secara tak terbatas dengan sangat cepat. Selain itu, karena tidak terkendalinya pembentukan jaringan itu kemudian merugikan jaringan normal di sekitarnya, yang mengakibatkan jaringan normal menjadi rusak dan terdesak.

Sel-sel abnormal yang disebut sebagai kanker tersebut berpindah melalui jaringan tempat dimana mereka berada, dan sewaktu-waktu dapat menjangkau bagian lain secara metastatis. Sedangkan cara penularannya ke seluruh tubuh biasanya melalui kelenjar getah bening atau limpa, dan setelah itu kemudian menjalar ke bagian-bagian yang lain.

Walter H. Lewis dalam jurnal Medical Botany menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang berperan besar dalam tumbuhnya kanker payudara ini, di antaranya adalah karena gangguan hormonal (terutama estrogen pada wanita), luka berat, kegagalan dalam perawatan setelah kehamilan, penyakit peradangan tumor jaringan ikat, dan gangguan virus pada kelenjar susu.

Nah, tanaman tapak dara dipercaya dapat mengatasi masalah tersebut di atas. Tanaman ini merupakan bagian dari tumbuhan menahun dari famili apocynaceae (kamboja-kambojaan). Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, dapat tumbuh subur dan baik pada dataran rendah, dan minimal ketinggiannya dapat mencapai 800 m dpl.

Di Indonesia, pohon tapak dara dikenal sebagai tanaman hias yang menarik karena bentuk bunganya yang khas atau berbeda dengan tanaman sejenis. Di berbagai daerah terkadang ada penyebutan berbeda dalam menyebut tanaman tapak dara ini.

Untuk kawasan pula Jawa, misalnya, orang menyebutnya sebagai tanaman kembang tembaga, tapak doro, atau bunga serdadu. Di kawasan Sumatera, tapak dara disebut rumput jalang atau ruru-ruru. Sedangkan di Sulawesi, orang menyebut tapak dara dengan sebutan sindapur, sedangkan di Maluku disebut sebagai usia.

Untuk pengembangannya, tapak dara bisa dikembangkan dengan jalan pembijian (menanam bijinya), melalui stek batang, atau akar. Tapak dara mengandung alkaloid antara 0,70 sampai dengan 0,81 persen pada bagian daunnya. Sementara untuk pengobatan kanker payudara dibutuhkan 22 lembar daun tanaman tapak dara dan buah adas (foeniculum vulgare) dan kulit kayu pulasari (alyxia reinwardti).

Cara membuatnya, ketiga bahan yang disebut di atas itu dicuci hingga bersih, kemudian direbus dengan menggunakan air sebanyak tiga gelas. Sebagai penyedap rasa, tambahkan sedikit gula merah, kemudian biarkan airnya mendidih sampai tinggal separuhnya. Setelah itu angkat dan dinginkan. Nah, setelah dingin, saringlah dengan menggunakan saringan, lalu diminum tiga kali sehari (pagi, siang dan malam), masing-masingnya setengah gelas tiap kali minum.

Selain resep di atas yang telah diuraikan secara panjang lebar, ada resep lain yang bagus sekaligus enak untuk mengatasi kanker payudara, yaitu dengan mengkonsumsi kue wortel. Jika Anda berniat mencobanya, silakan ikuti panduan resep yang satu ini.

Siapkan bahan-bahan pembuatannya sebagai berikut: wortel sebanyak tiga mangkuk (diparut kasar), gula pasir sebanyak dua sendok, minyak salad sebanyak setengah mangkuk, telur ayam sebanyak 4 butir, kayu manis sebanyak tiga sendok teh, baking soda sebanyak dua sendok teh, garam sebanyak satu sendok teh, vanili sebanyak dua sendok teh, terigu sebanyak dua mangkuk, kismis sebanyak satu mangkuk, dan kelapa parut sebanyak satu mangkuk.

Cara membuatnya: Minyak salad, gula dan telur disatukan dan dikocok hingga merata, lalu masukkan bahan-bahan yang lainnya agar menyatu dengan kocokan ketiga bahan tersebut. Setelah itu aduk kembali hingga semua bahan menyatu. Kemudian pangganglah selama dua puluh menit. Kue wortel pun siap dihidangkan dengan dilapisi krem keju.