Herbal untuk Mengatasi Insomnia atau Sulit Tidur

 Herbal untuk Mengatasi Insomnia atau Sulit Tidur

BIBLIOTIKA - Insomnia atau penyakit sulit tidur bisa disebut sebagai penyakit orang modern. Masalah ini seringkali menghinggapi orang-orang yang sibuk atau para eksekutif yang harus sering banyak berpikir. Ada beberapa penyebab penyakit insomnia ini, di antaranya disebabkan karena faktor fisik dan faktor psikis.

Apabila insomnia disebabkan karena faktor psikis atau kejiwaan, maka harus diatasi terlebih dulu masalah yang dihadapinya, dalam arti si penderita harus dapat menenangkan pikirannya terlebih dulu untuk melancarkan proses pengobatan. Hal ini bisa dilakukan dengan beristirahat secara teratur.

Untuk mengatasi insomnia, Anda bisa mencoba resep berikut.

Siapkan daun kangkung sebanyak 50 gram, daun pegagan sebanyak 10 gram, dan tumbar serta jintan sebanyak 3 gram. Tumbar dan jintan ditumbuk halus, lalu dicampur dengan bahan lainnya, setelah itu direbus sampai matang. Setelah mendidih, angkat dan diamkan. Apabila sudah dingin, air rebusannya bisa diminum sampai habis.

Selain resep di atas, ada resep lain yang bisa pula dicoba. Caranya mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kangkung dalam jumlah secukupnya, lalu masaklah sesuai selera. Boleh direbus, bisa pula ditumis. Nah, makanlah masakan kangkung itu sebanyak-banyaknya. Hal ini akan memperlancar pencernaan, sekaligus juga mudah menyebabkan rasa mengantuk.

Ada pula resep ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi insomnia, yaitu sebagai berikut.

Siapkan 7 siung bawang putih, 250 gram kangkung, 250 gram kecambah, 3 buah paprika merah, 2 buah paprika hijau, saus tiram secukupnya, kecap asin secukupnya, dan minyak goreng non kolesterol secukupnya.

Cara membuatnya, kangkung dibersihkan, lalu pisahkan antara batang dan daunnya. Kemudian, potong-potonglah sepanjang ruas jari. Kecambah dibersihkan, paprika diiris-iris dengan bentuk kotak seperti dadu, bawang putih dikeprek, kemudian ditumis dengan minyak secukupnya sampai harum dan berwarna kuning.

Setelah itu, tambahkan irisan paprika merah, paprika hijau, dan batang kangkung. Beri kecap asin dan saus tiram secukupnya, lalu masukkan daun kangkung dan kecambah, dan masaklah sampai setengah matang. Setelah itu, angkat dan nikmati dalam keadaan masih panas. Setelah menikmati hidangan tersebut, Anda pun akan segera dapat tidur lelap.