Hal-hal penting Seputar Berkendara di Jalan Tol

  Hal-hal penting Seputar Berkendara di Jalan Tol

BIBLIOTIKA - Saat mengadakan perjalanan jauh, untuk mempersingkat waktu biasanya alternatif yang ditempuh adalah lewat jalan tol. Di samping jalanannya mulus, cepat pula sampai ke kota tujuan yang dimaksud. Namun kekurangannya, bila terjadi hal-hal darurat, bila tidak mempersiapkan segala sesuatunya akan menjadi gawat. Karena area seputar jalan tol biasanya sepi dan jauh dari pemukiman.

Di samping itu, di area jalan tol ada rambu-rambu yang perlu ditaati, salah satunya tidak mungkin akan menemui mobil dan penumpangnya sedang parkir untuk minta pertolongan. Nah, berikut ini situasi darurat yang mungkin terjadi saat Anda melaju di jalan bebas hambatan, serta beberapa antisipasi yang bisa Anda ingat dan perhatikan:

Apabila mobil ngadat/mogok

Segera pinggirkan kendaraan di bahu jalan. Nyalakan lampu hazzard dan pasang segitiga pengaman. Cobalah perbaiki kendaraan Anda untuk 10 menit pertama. Jika tidak berhasil, teleponlah nomor telepon darurat jalan tol tersebut supaya mobil Anda diderek keluar dari jalan tol melalui gerbang tol terdekat. Tunggulah beberapa saat sampai patroli jalan tol datang untuk memberikan bantuan penderekan.

Apabila mengalami kecelakaan

Jika Anda tidak mengalami luka parah, maka amankan diri Anda terlebih dulu. Mintalah bantuan kendaraan lain yang lewat agar memberikan informasi kejadian kecelakaan tersebut ke gerbang tol terdekat atau petugas patroli jalan tol. Bantulah korban lain dengan cara yang aman dan tidak menyebabkan cedera tambahan. Mintalah kepada korban yang tidak luka untuk segera ke tepi luar bahu jalan. Tunggulah beberapa saat sampai patroli dan ambulan jalan tol datang.

Apabila mengantuk


Turunkan kecepatan kendaraan Anda sampai menjadi 60 km/jam dan melajulah di lajur kiri (lajur 1). Carilah tempat istirahat terdekat dan berhentilah di lokasi tersebut untuk beristirahat. Biasanya untuk suatu acara atau keperluan tertentu, pengelola jalan tol menyediakan tempat istirahat darurat, misal saat mudik lebaran dan tahun baru. Bila sudah tidak dapat menahan kantuk lagi, keluarlah dari jalan tol melalui gerbang tol terdekat untuk mencari tempat beristirahat barang semalam.

Apabila melihat kecelakaan

Sampaikan informasi lokasi terjadinya kecelakaan ke gerbang tol terdekat atau petugas patroli. Bila Anda mempunyai telepon genggam, hubungi nomor telepon Jasa Marga: 801-1735 atau 0800-182-1997.