Fungsi Software Dalam Penggunaan Komputer

Fungsi Software Dalam Penggunaan Komputer

BIBLIOTIKA - Di dalam sebuah komputer, ada dua jenis atau dua macam perangkat, yaitu perangkat keras atau hardware, dan perangkat lunak atau software. Secara mudahnya, perangkat keras atau hardware adalah perangkat-perangkat yang berbentuk atau berwujud, seperti harddisk, chip memori, CD-ROM, sampai monitor dan lain-lain.

Sedangkan perangkat lunak atau software adalah perangkat-perangkat yang tidak berwujud atau yang lebih difungsikan untuk menjalankan suatu aktivitas atau pekerjaan tertentu yang berhubungan dengan komputer.

Contoh perangkat lunak atau software ini misalnya Open Office untuk mengetik, membuat laporan dan menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan aktivitas penulisan dan perkantoran. Contoh lainnya adalah Photoshop, yang difungsikan untuk membuat, mengolah, mengkreasi dan mengembangkan suatu foto atau gambar tertentu. Kemudian ada pula software yang berfungsi untuk memainkan musik, atau untuk menjalankan video, dan lain-lain.

Kalau mau dihitung berapa banyak antara perangkat keras dan perangkat lunak di dalam sebuah komputer, maka bisa dibilang kalau perangkat lunak atau software yang jauh lebih banyak. Bisa dikatakan kalau perangkat keras atau hardware yang ada di sebuah perangkat komputer tidak jauh berbeda atau tidak banyak berubah, dari dulu sampai sekarang.

Tetapi perangkat lunak atau software untuk komputer terus saja berkembang dan bertambah, hingga para pengguna komputer pun semakin memiliki banyak pilihan ragam software yang dapat dipilih dan digunakannya.

Software pemutar musik, misalnya. Saat ini ada puluhan software pemutar musik yang dapat dipilih untuk digunakan di komputer, dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kemudian software untuk memutar video, baik VCD ataupun DVD, saat ini pun telah banyak jumlahnya, dan para pengguna komputer dapat memilih mana yang paling cocok untuk ia gunakan di komputernya. Kemudian lagi software untuk membaca file PDF yang biasa digunakan untuk format e-book atau buku elektronik, saat ini pun sudah begitu banyak macamnya.

Karena begitu banyak dan begitu pentingnya fungsi sebuah software, maka sebuah komputer dapat dikatakan tidak akan berguna jika tidak dilengkapi dengan aneka software di dalamnya. Bayangkan sebuah komputer yang di dalamnya tidak ada fasilitas apa-apa untuk melakukan aktivitas atau suatu pekerjaan seperti yang biasa kita kenali selama ini. Secanggih apapun komputer, tetap saja ia tak berguna jika tidak dilengkapi dengan software-software yang berguna di dalamnya.

Karena pentingnya fungsi software ini pula yang kemudian menjadikan setiap pemilik komputer merasa wajib untuk dapat memiliki banyak software atau beberapa software yang dapat digunakannya untuk membantu pekerjaannya. Namun, di negara kita ini, harga sebuah software seringkali masih dirasa terlalu mahal atau tergolong sangat mahal. Dan karena itulah kemudian banyak orang yang segan untuk membelinya meskipun mungkin sangat membutuhkannya.

Nah, kalau Anda termasuk orang yang merasa membutuhkan beberapa software tertentu untuk komputer Anda namun merasa kalau harga-harga software yang Anda butuhkan tersebut harganya tergolong mahal, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara yang cukup mudah, yakni dengan cara mencari software tersebut di internet.

Di internet, ada banyak sekali website atau situs yang menyediakan aneka macam software yang bisa diperoleh secara gratis. Software-software yang diberikan secara gratis itu bisa dibilang sebagai software yang bermutu meskipun gratisan. Melalui situs-situs itu, Anda akan dapat mencari, memilih dan menyeleksi mana-mana saja software yang Anda perlukan dan Anda butuhkan untuk kemudian men-download-nya.