Chi Massage: Pijat Refleksi untuk Awet Muda

Chi Massage: Pijat Refleksi untuk Awet Muda

BIBLIOTIKA - Apakah Anda pernah mendengar istilah ‘Pijat Chi’? Pijat Chi adalah suatu bagian dari terapi pijat refleksi, yaitu suatu terapi pelengkap yang dilakukan dengan cara memijat atau menekan titik-titik tertentu di daerah kaki atau tangan. Pijat Chi ini dipercaya mampu mengurangi berbagai gejala penyakit yang mengganggu.

Meskipun tidak secara langsung mengobati penyebab dari suatu penyakit, terapi pijat refleksi yang satu ini bisa digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang biasa muncul dalam kehidupan sehari-hari, semisal sakit kepala, pusing, depresi, sindrom pra-menstruasi, gangguan pencernaan, asma, arthritis, juga penyakit kulit.

Mengenal titik-titik refleksiologi

Yang menjadi sasaran dari terapi pijat Chi adalah titik-titik tertentu pada tubuh. Menurut teori refleksiologi, titik-titik itu terletak pada daerah telapak kaki, dan berjumlah tujuh puluh, serta berhubungan erat dengan seluruh organ tubuh, seperti usus, hati, ginjal, lambung, pankreas, limpa dan jantung. Berikut ini uraiannya:
  1. Bagian kaki sebelah kanan berhubungan dengan tubuh bagian kanan, sedangkan kaki sebelah kiri berhubungan dengan bagian tubuh sebelah kiri.
  2. Bagian di ujung-ujung jari kaki berkaitan dengan bagian kepala dan leher.
  3. Bagian di telapak kaki sebelah atas berhubungan dengan bagian dada dan paru-paru, sedang telapak kaki bagian tengah berhubungan dengan kepala dan leher, sementara telapak kaki bagian bawah berhubungan dengan organ-organ dalam.
  4. Bagian di bagian tumit berhubungan dengan syaraf dan panggul.

Berdasarkan hal itu, maka apabila ada suatu gangguan tetentu di organ-organ tertentu, maka pijatan pada titik-titik yang berhubungan dengan organ-organ tersebut akan menimbulkan rasa sakit.

Teknik pemijatan Chi

Pijat Chi dapat dilakukan dengan menekan pada bagian titik-titik refleksi di daerah kaki dengan menggunakan tangan ataupun alat bantu. Caranya adalah dengan menekan buku jari telunjuk yang ditekuk di titik-titik tersebut. Sementara alat bantu yang digunakan adalah semacam tongkat kecil untuk menekan. Untuk mempermudah prosesnya, biasanya bagian kaki yang akan dipijat dilumasi atau dilumuri terlebih dulu dengan minyak.

Mula-mula, kaki dipijat dengan gerakan pijat biasa, kemudian terapis refleksiologi mulai menekan atau melakukan penekanan pada titik-titik refleksi yang berhubungan dengan masalah kesehatan yang dirasakan. Pertama pijatan akan dilakukan pada kaki bagian kiri terlebih dulu, dan kemudian beralih ke kaki sebelah kanan, dengan arah ke atas menuju bagian jantung dan mengikuti aliran darah.

Semuanya itu biasanya membutuhkan waktu sekitar antara tiga puluh menit sampai enam puluh menit, dengan frekuensi seminggu sekali di awal-awal terapi. Setelah beberapa minggu, barulah pemijatan akan dikurangi frekuensinya. Terapi ini dapat dilakukan untuk semua orang, dan biasanya setelah pemijatan pertama kali si pasien akan merasakan tubuhnya lebih rileks, atau merasa lelah dan mual.

Pada hakikatnya, cara kerja pijat Chi adalah dengan menghilangkan halangan yang ada di medan meridian atau saluran energi dari indera-indera atau organ-organ tubuh yang vital. Indera merupakan bagian tubuh yang pertama kali menerima segala pengaruh yang datang dari luar. Dengan memperkuat indera, maka akan membantu melindungi pengaruh dari luar yang membawa pengaruh buruk atau negatif bagi tubuh.