Cara yang Mudah dan Benar Mencuci Mobil

Cara yang Mudah dan Benar Mencuci Mobil

BIBLIOTIKA - Rupanya, tidak setiap orang tahu bagaimana cara mencuci mobil dengan benar. Karena memang mencuci mobil membutuhkan suatu teknik tersendiri, tidak asal gosok dan asal cuci. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk mencuci mobil dengan benar.
  1. Lakukan pencucian di tempat yang rata, dan siapkan ember.
  2. Usahakan aliran air cukup deras. Jika air kurang deras, pakailah adaptor selang turbo yang banyak tersedia di supermarket.
  3. Bila mobil habis dipakai, tunggulah hingga kap mesin menjadi dingin. Hal ini untuk mencegah timbulnya bercak atau noda pada kap mesin.
  4. Cucilah bagian atas kendaraan terlebih dulu, kemudian bagian bawahnya. Teknik ini dipakai sebab aliran kotoran akan bergerak dari atas ke bawah.
  5. Semprotlah seluruh badan kendaraan untuk menghilangkan debu dan pasir, agar tidak menimbulkan goresan saat membersihkan badan kendaraan.
  6. Bersihkan badan kendaraan dengan air yang telah dicampur dengan shampo mobil. Anda juga dapat menggunakan deterjen cuci piring, dengan rasio perbandingan 1:2 (1 ember air banding 2 sendok makan deterjen).
  7. Bilaslah kendaraan dengan air, lalu keringkan dengan plasmois (lap kuning). Usahakan untuk membeli plasmois asli karena plasmois palsu akan merusak cat mobil Anda.
  8. Jangan mencuci mobil pada malam hari karena air tidak bisa langsung kering, dan ini dapat mempercepat proses terjadinya karat.


Mengatasi jamur di kaca mobil

Jamur bisa menempel di mana saja. Tak terkecuali pada kaca mobil. Jamur yang menempel di kaca mobil ini disebabkan karena kebiasaan keliru dalam mencuci mobil. Misalnya mencuci di bawah terik sinar matahari atau tidak mengeringkan seluruh bagian sehabis mencuci.

Bekas air yang menumpuk dapat menjadi jamur di bodi dan kaca mobil. Jika dibiarkan, jamur ini makin hari akan makin menebal dan menjadi kerak. Bagian yang paling sering ditumbuhi jamur adalah pojok kaca bagian bawah. Noda jamur tersebut tentu tak sedap dipandang mata.

Tapi Anda tak perlu cemas, karena membersihkannya tidak terlalu sulit. Ikuti saja langkah berikut ini:
  1. Cucilah mobil dengan bersih, jangan lupa keringkan mobil bila selesai mencuci.
  2. Lalu parkirlah mobil di tempat teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.
  3. Untuk mengusir jamur dan kerak, semprotkan cairan pembersih anti jamur kaca.
  4. Oleskan kuas yang sudah disiapkan dengan gerakan memutar perlahan untuk meratakan cairan tadi.
  5. Bilaslah kaca dengan air bersih, jangan biarkan cairan mengering di kaca karena bisa menyebabkan munculnya noda yang sangat sulit dihilangkan.
  6. Bilak kerak dan jamur membandel dan masih terlihat, lakukan kembali langkah-langkah seperti tersebut di atas sampai seluruh jamur dan kerak berhasil dibersihkan. Jangan lupa keringkan kaca dengan lap yang bersih.
  7. Untuk mencegah kerak dan jamur datang kembali, sebaiknya bersihkan kaca secara rutin, setidaknya enam bulan sekali.
  8. Untuk perawatan sehari-hari, keringkan mobil begitu selesai diguyur hujan, untuk memperkecil kemungkinan air mengering di kaca.