Cara Mudah Mengusir Rayap, Tikus, dan Tokek, dari Rumah

 Cara Mudah Mengusir Rayap, Tikus, dan Tokek, dari Rumah

BIBLIOTIKA - Rayap bisa muncul di mana saja, khususnya di tempat-tempat yang lembap atau jarang tersentuh. Ketika rayap datang, maka hampir dapat dipastikan barang-barang yang disentuhnya akan rusak. Jika rumah Anda diserang rayap, praktekkan tips berikut untuk mengusirnya.

Campurkan 1 liter minyak tanah dengan 2 sendok teh minyak sereh (takaran ini untuk bidang seluas 15 meter persegi). Aduk-aduklah hingga merata, sampai tercium bau minyak sereh. Diamkan sampai kira-kira lima menit, lalu siramkan cairan tersebut pada bagian yang diserang rayap, dua sampai tiga kali. Biarkan selama satu sampai dua hari, sampai benar-benar kering.

Sekadar catatan, minyak sereh juga bisa berfungsi sebagai pengusir lalat dan nyamuk. Karenanya, menyiramkan minyak sereh untuk mengusir rayap ini bisa berfungsi ganda sebagai pengusir nyamuk dan lalat.


Tips mencegah tikus berkeliaran di rumah

Banyak tikus di rumah Anda? Kadang orang menggunakan perangkap tikus atau bahkan racun tikus untuk memberantas tikus-tikus di rumah. Namun cara ini kadang merepotkan, karena kita harus mengurus bangkai tikus yang terkena perangkap. Ada cara yang lebih mudah untuk menghilangkan tikus dari rumah Anda. Caranya seperti berikut.

Kumpulkanlah tumbuhan putri malu, lalu ikatlah beberapa tumbuhan tersebut dalam beberapa ikatan. Setelah itu, sebarkan ikatan-ikatan tumbuhan putri malu itu di tempat-tempat yang biasa dilewati tikus, semisal di loteng, di atap, atau di dapur. Dengan cara yang mudah ini, tikus-tikus tidak akan berani keluyuran lagi.


Cara mudah mengusir tokek

Tokek biasa menghuni rumah. Yang menjadikan binatang ini terkesan mengganggu adalah karena suaranya yang keras, dan kotorannya yang berbau menyengat. Nah, jika Anda merasa terganggu dengan adanya tokek di rumah Anda, gunakan tips berikut untuk mengusirnya dengan mudah.

Letakkan segumpal tembakau segar di tempat-tempat yang biasa didatangi tokek, dan daerah sekitarnya. Dengan begitu, tokek tidak akan berani mendekat dan datang lagi. Mudah, kan?


Kiat agar telur menetas dengan aman

Tahukah Anda, pada saat telur ayam sedang dierami, induk ayam memiliki naluri khusus, yaitu suka mematuki telur-telur yang sedang dieraminya itu. Meski tidak selalu terjadi, namun ada kalanya telur yang dierami itu pecah karena seringnya dipatuki.

Nah, agar telur-telur yang sedang dierami itu bisa aman hingga menghasilkan anak ayam, Anda bisa meletakkan daun kelor di antara telur-telur yang dierami tersebut. Dengan adanya daun kelor tersebut, induk ayam akan jarang mematuki telur-telurnya, sehingga akan aman sampai telur menetas.