Cara Mudah Mengganti Wiper Mobil Anda

 Cara Mudah Mengganti Wiper Mobil Anda

BIBLIOTIKA - Memelihara kendaraan tercinta ternyata tidak hanya dengan cara membawanya ke bengkel secara berkala atau bila terdapat kerusakan saja. Untuk menghemat pengeluaran Anda, beberapa kerusakan kecil atau perawatan sederhana dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Mengganti wiper, misalnya. Selain mudah dikerjakan, mengganti wiper hanya memerlukan waktu beberapa menit. Berikut ini hal-hal yang bisa diperhatikan untuk mengganti wiper:

Tentunya Anda dapat menangkap dengan jelas tanda-tanda kapan Anda harus mengganti wiper mobil Anda.

Biasanya, mobil-mobil mempunyai blade wiper yang ditekan pada shaft. Anda cukup menggunakan obeng untuk melepasnya.

Penggantian wiper harus dilakukan ketika wiper tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, per atau pivot yang sudah aus atau rusak.

Sebelum melakukan penggantian wiper, Anda harus mengetahui lebih dahulu jenis wiper yang terdapat pada kendaraan Anda. Sebab, pada beberapa jenis mobil tertentu, penggantian wiper memerlukan alat khusus.

Pada dasarnya, jenis wiper terdiri dari dua buah. Pertama, wiper yang memiliki semacam knop plastik berwarna merah atau hitam dan letaknya kurang lebih sepertiga jarak angka tersebut. Untuk melepaskan wiper jenis ini, tekan knop ke bawah, maka blade karetnya dapat Anda geser dari klip rangkanya.

Sedang jenis yang kedua adalah jenis wiper dengan model yang lebih mutakhir. Wiper model ini terdiri dari polukarbonat dan mempunyai mekanisme kunci yang sederhana. Mekanisme kunci yang sederhana ini memungkinkan ujung blade dapat dilengkungkan ke bawah, lepas dari lekukan yang menahan klip dari rangkanya, sehingga blade-nya dapat dilepas dan digeser dari rangka.

Untuk memasang kembali wiper dengan yang baru, cukup geser wiper blade dari karet yang baru pada rangka wiper.

Kemudian, lakukan prosedur melepas wiper dengan arah sebaliknya.

Hal penting yang juga harus Anda ingat, apapun jenis wiper yang dipakai, Anda tak boleh lupa memasang klip yang terdapat pada wiper.

Setelah itu, periksa alat pengunci, apakah sudah terpasang dan bekerja dengan baik, sehingga wiper yang baru Anda pasang ini tidak terjatuh.

Jika Anda kurang baik memasangnya, kemungkinan besar klip wiper akan menggores kaca mobil Anda.


Tips agar karet wiper lebih awet

Piranti yang satu ini memang jarang sekali bermasalah. Paling-paling karena umur sudah tua dan sudah waktunya diganti. Tinggal membeli karet wiper dan langsung dipasang. Biasanya ini terjadi kalau karet wiper sudah mulai keras dan hasil sapuannya meninggalkan bekas goresan-goresan.

Perawatan rutin dari karet wiper ini bisa dibilang tidak ada. Tetapi paling tidak, kita bisa memperpanjang umur dari karet wiper itu sendiri.

Ada tips-tips tertentu untuk menghasilkan sapuan karet wiper yang lebih halus meskipun karetnya sudah cukup keras. Dengan cara ini kita bisa memperpanjang umur karet wiper. Inilah tips-tipsnya:
  1. Siapkan satu wadah berisi air, sendok makan dan shampo mobil.
  2. Periksa tabung reservoir air wiper. Jika terdapat kotoran, bersihkan terlebih dulu dan buanglah air yang ada di situ.
  3. Tuangkan satu sendok makan cairan shampo mobil pada air dalam wadah tadi. Jangan sampai berlebihan dalam penggunaan shampo mobil ini. Sebab jika terlalu banyak dikhawatirkan malah akan menyumbat.
  4. Aduklah air sampai sedikit berbusa.
  5. Isikan air tadi pada tabung reservoir. Jika tabung belum terisi penuh, tambahkan lagi dengan air.
  6. Hal ini bisa dilakukan setiap kali air pada tabung mulai habis atau bisa dengan cara menambahkan air jika kandungan shampo masih tersisa pada tabung.

Secara teori, shampo mobil mengandung bahan lilin yang bisa membuat bodi mobil mengkilat. Nah, bahan lilin yang licin ini bisa membuat karet wiper agak melentur kalau memang wiper sudah tua. Tapi kalau wiper masih baru, lilin ini bisa membuat lebih awet karena kelembaban karet jadi terjaga.