Cara Mudah Membersihkan Perabotan Dapur

Cara Mudah Membersihkan Perabotan Dapur

BIBLIOTIKA - Kalau Anda kebetulan memasak dalam jumlah banyak, maka perabotan dapur yang dilibatkan pun otomatis ikut banyak. Biasanya, yang membuat frustrasi adalah ketika saat mencucinya. Nah, untuk memudahkan proses pencucian perabotan dapur, Anda bisa memanfaatkan blau.

Selama ini, orang mungkin mengira kalau blau hanya dapat digunakan untuk mencuci pakaian. Padahal, blau juga bisa digunakan untuk mencuci perabotan dapur, semisal wajan, panci, atau barang lain yang terbuat dari alumunium.

Caranya sebagai berikut. Ambil sedikit blau, lalu campurkan dengan sedikit abu gosok. Nah, gosoklah perabotan dapur Anda dengan blau tersebut sampai bersih, kemudian dicuci dengan sabun. Proses ini akan mempercepat pencucian perabotan Anda, sekaligus memberikan hasil yang maksimal.


Tips agar tempat keran tidak becek

Di bagian tertentu dalam rumah, kadang kita memasang kran dengan tujuan untuk memudahkan cuci tangan atau cuci kaki, atau untuk berwudhu. Yang menjadi masalah, daerah tempat kran itu seringkali menjadi becek, karena seringnya air mengucur dan mengalir di tempat itu. Apalagi kalau tutup kran sering tidak ditutup secara rapat. Untuk mengatasi masalah semacam itu, gunakan tips berikut.

Letakkan batu-batu koral, tepat di bawah kucuran air kran. Agar terlihat lebih cantik, gunakan batu-batu koral yang memiliki aneka warna. Di sekeliling batu-batu tersebut, berikan bingkai atau frame dari semen, agar batu-batu tersebut tidak berantakan.

Nah, dengan cara ini, daerah di sekitar kran tidak akan becek lagi, bahkan menjadi cantik dan indah.


Tips mengatasi air yang berbau kaporit

Air yang kita gunakan sehari-hari di dalam rumah, kadang menguarkan bau atau aroma kaporit yang menusuk hidung. Meskipun mungkin air tersebut bersih dan jernih, tetapi bau kaporitnya cukup mengganggu. Untuk mengatasi hal itu, silakan gunakan tips berikut.

Tampunglah air terlebih dulu pada bak yang bersih dan aman dari pencemaran. Penampung air tersebut harus diisi ijuk kelapa pada lapisan pertama, arang pada lapisan kedua, dan kembali ijuk kelapa pada lapisan terakhir. Biarkan beberapa saat sebelum dikonsumsi ataupun untuk memasak, agar sisa gas chlor menguap, atau bau kaporit berkurang.


Tips menjernihkan air sumur

Jika di rumah Anda masih menggunakan sumur, dan air yang diambil dari sana tidak jernih lagi atau cenderung kekuningan dan berbau seperti karat, Anda bisa mengatasinya dengan cukup mudah. Silakan cermati tips berikut.

Ambillah tempurung batok kelapa, kemudian bakarlah hingga warnanya menghitam seperti arang. Nah, arang tempurung yang masih panas tersebut segera dimasukkan ke dalam sumur. Lakukan hal ini beberapa kali, sampai air sumur Anda jernih kembali.