Cara Mudah dan Praktis Mengatasi Berbagai Noda di Pakaian

 Cara Mudah dan Praktis Mengatasi Berbagai Noda di Pakaian

BIBLIOTIKA - Satu hal yang sering membuat kita jengkel saat mencuci pakaian adalah ketika tahu ada noda yang membercaki pakaian kita. Baik itu noda lipstik, bekas jus, cokelat, minyak, tinta atau juga cat.

Padahal, kalau tahu caranya, kita tidak perlu terlalu pusing menghadapinya. Simak saja tips yang berikut ini:

Untuk menghilangkan noda lipstik, bubuhi bagian belakang kain yang terkena noda itu dengan wasbensin atau amonia, dan gosok secara berulang-ulang sampai nodanya hilang.

Jika hangus karena setrika, segera basahi bagian yang hangus itu dan taburi dengan talk, lalu remas-remas bagian yang gosong, dan bilas dengan air yang telah dicampuri jeruk nipis atau cuka, kemudian bilas beberapa kali sampai bersih.

Jika pakaian Anda bau keringat dan apek, dengan warna yang kusam, segera rendam dengan air hangat yang dicampur dengan seperempat cangkir garam. Dengan cara ini, lemak keringat akan cepat memisah dan kusamnya pun segera hilang.

Jika terkena larutan yodium, segera gosok pakaian yang terkena yodium tadi dengan irisan jeruk nipis, lalu cuci dengan air panas. Pasti tak ada lagi sisa noda yodium.

Untuk pakaian yang terkena cipratan cat, segera rendam pakaian dalam air yang dicampur dengan setengah cangkir amoniak dan seperempat cangkir terpetin selama 20 menit. Kemudian bilas dengan sabun sampai bersih.

Untuk pakaian yang terkena noda tinta Cina, Anda bisa membersihkannya dengan bensin, atau dengan lem cair jika noda itu masih baru.

Jika pakaian terkena noda cokelat, gunakan larutan borax dalam air panas, basahi kain yang ternoda itu dengan air dingin dan gosokkan borax pada noda itu, lalu cuci dan bilas seperti biasa.