Cara Mudah dan Benar Mengecat Dinding Rumah

Cara Mudah dan Benar Mengecat Dinding Rumah

BIBLIOTIKA - Kalau Anda memiliki waktu luang, dan ingin memperbarui dinding rumah Anda, maka Anda bisa mengecatnya sendiri, sehingga tidak perlu mengupah orang untuk mengerjakannya.

Berikut ini tips-tips yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin mengecat rumah Anda dengan hasil yang memuaskan:

Bersihkan seluruh permukaan dinding dari kotoran, dan pastikan kondisi dinding dalam keadaan kering atau tidak lembap.

Keriklah seluruh bekas cat lama sampai merata, dan bersihkan dengan ampelas jika diperlukan.

Apabila di dinding ada bekas-bekas paku yang masih menonjol, masukkanlah paku tersebut ke dalam dinding sampai habis, hingga tidak tampak dari permukaan dinding. Setelah itu, tutuplah dengan menggunakan dempul hingga merata dan kering.

Pastikan Anda memiliki cat dengan warna yang sama dalam jumlah yang cukup, sehingga Anda tidak akan kekurangan cat dan terpaksa menggunakan cat dengan warna yang berbeda.

Sebelum memulai aktivitas pengecatan, ada baiknya jika Anda membersihkan rumah dari debu terlebih dulu, sehingga nantinya tidak ada debu yang beterbangan pada cat yang masih basah.

Jika ruangan yang akan dicat tidak memiliki lubang angin atau ventilasi yang cukup, ada baiknya kalau Anda menggunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut, agar tidak menghirup zat kimia dari cat yang menguap.

Jika ada celah atau retakan pada dinding, gunakan dempul atau plamir untuk menutupnya, kemudian ratakanlah sampai halus dengan menggunakan ampelas.

Agar lantai tidak ternoda oleh tumpahan atau ceceran cat yang digunakan, tutupilah bagian bawah lantai dari dinding yang sedang atau akan dicat.

Akan lebih baik kalau Anda mengecat bagian langit-langit ruangan terlebih dulu, sehingga bila ada cipratan di dinding tidak akan menimbulkan masalah, karena nantinya Anda akan mengecatnya sehingga dapat menutupinya.

Untuk mengecat area yang luas, Anda bisa menggunakan roller agar lebih cepat, kemudian gunakan kuas untuk mengecat setiap sudut pertemuan dua dinding.

Apabila hasil pengecatan dinilai masih kurang bagus alias terlihat belang-belang dan tidak rata, bisa diulangi pengecatan sekali lagi.

Apabila ada tumpahan atau ciparatan cat yang jatuh ke lantai, sebaiknya dibersihkan secepatnya dengan lap yang basah. Karena, apabila cat tersebut mengering, biasanya akan lebih sulit dibersihkan.

Setelah selesai mengecat, tutuplah kaleng cat rapat-rapat, agar cat di dalamnya tidak mengering.