Cara Mudah Bongkar Pasang Paking Kendaraan

Cara Mudah Bongkar Pasang Paking Kendaraan

BIBLIOTIKA - Tidak mudah untuk membongkar-pasang paking motor, setidaknya tidak setiap orang mengerti bagaimana caranya. Berikut ini adalah kiat mudah untuk bongkar-pasang paking sepeda motor Anda:

Hati-hati melepas paking. Jangan membuka secara paksa yang berakibat media di paking menjadi rusak. Contoh, bibir silinder luka akibat paking dilepas pakai obeng pelat tajam. Ini akan membuat biaya tambahan. Lebih amannya adalah menggunakan kape atau pisau tipis. Bisa juga menggunakan cutter. Lebih bagus lagi jika memakai spray khusus pelepas gasket.

Bila perlu, gunakan alkohol. Selain melenturkan lem, juga bisa mengusir sisa lem yang mengeras. Setelah lepas dan bersih, ambil penggaris besi. Letakkan menyilang di atas komponen di paking.

Ratakan gasket. Kalau ada bagian yang tidak simetris dengan penggaris, berarti ada yang tidak rata. Biar mulus, sebaiknya diampelas. Setelah itu, usahakan agar gasket menempel dengan baik.

Perhatikan saat memasang gasket baru. Bersihkan dulu debu, kotoran, dan kotoran lain yang melekat dari tangan. Tujuannya adalah agar kondisi gasket tidak terkontaminasi dengan kotoran tangan yang membuat daya tahan gasket jadi berkurang.

Pakailah sealer khusus paking. Asal jangan di komponen yang dialiri bahan bakar, pilihan lain adalah sealer. Sebenarnya tidak disarankan, tapi sebaiknya pakailah sealer khusus untuk paking, atau perekat aerosol.

   
Membersihkan dek motor atau mobil

Untuk membersihkan kotoran karena oli atau minyak pelumas yang melekat pada dek kendaraan Anda, gunakan saja pasta gigi. Ini lebih praktis dan lebih efisien daripada bila Anda hanya menggosoknya dengan air.

Caranya, ambil pasta gigi dan gosokkanlah pada dek kendaraan dengan menggunakan lap atau kapas yang bersih. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. Anda lihat, kendaraan Anda pun bersih dari noda-noda yang lengket itu.

Ingat, jangan bersihkan dengan bensin atau minyak tanah, karena itu akan mengakibatkan dek menjadi kuning atau buram.