Cara Mengusir Tikus dengan Mudah dan Aman

 Cara Mengusir Tikus dengan Mudah dan Aman

BIBLIOTIKA - Tikus adalah binatang pengganggu yang sering hadir di rumah kita. Di antara spesies tikus itu, ada yang namanya curut. Tikus curut ini berbentuk kecil, badan serta moncongnya agak pajang. Tikus curut ini gemar masuk ke dapur, ke bawah meja, kursi-kursi, serta ke tempat-tempat yang agak gelap. Tikus ini sangat bau, dan apabila ia lewat selalu meninggalkan kotoran yang juga berbau tidak sedap.

Untuk mengusir tikus jenis ini, gunakan saja dahan sirsak (nangka Belanda). Caranya, ambillah beberapa dahan sirsak yang masih berdaun, lalu letakkan di tempat-tempat yang biasa dilewati oleh tikus ini. Bau dari dahan sirsak itu mampu membuat tikus-tikus kecil itu tak berani lagi keluyuran di rumah kita.


Tips menjebak tikus mati di tempat

Anda merasa terganggu karena di rumah Anda banyak tikus? Sudah mencoba meracuninya? Pasti ada satu masalah yang selalu ditinggalkan tikus mati, yakni bau bangkai yang sangat menyengat dan tak enak karena lokasi matinya yang kadang bahkan sangat susah ditemukan.

Tapi, ada satu cara mudah untuk membuat tikus memilih mati di tempat. Sebelumnya, pilihlah racun tikus yang keras, yang hanya membuat tikus mati dua sampai tiga menit setelah memakannya. Nah, campurkan racun ini ke dalam makanan tikus, sisa daging, tulang atau kepala ikan. Letakkan di tempat yang biasa mereka pakai lalu-lalang. Tapi ingat, setelah itu Anda harus menyediakan baskom ceper berisi air, dan letakkan tak jauh dari tempat makanan berisi racun tikus tadi.

Setelah makan, seperti juga halnya manusia, tikus juga butuh minum. Apalagi ketika ia rasakan makanan yang baru dimakannya itu panas dan menyakiti tubuhnya, maka hasrat minumnya pun akan meningkat. Ketika dia melihat air, jelas ia akan datang.

Waktu tikus datang dan minum ini akan sangat membantu membuat dia mati tanpa sempat lari dari tempat semula. Atau kalau pun dia beranjak setelah memakan racun dan minum air, maka jarak matinya tak akan jauh dari tempat air tadi.

Lakukan cara ini, dan lihatlah, tikus-tikus yang sering membuat Anda jengkel itu tak lagi menyusahkan Anda, tak lagi meninggalkan bau tak sedap di sudut-sudut rumah Anda.