Cara Mengusir Nyamuk dengan Mudah dan Aman

 Cara Mengusir Nyamuk dengan Mudah dan Aman

BIBLIOTIKA - Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada gangguan nyamuk di malam hari, apalagi kalau kita pas sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Memang, kita bisa mengusir nyamuk dengan obat nyamuk bakar atau juga pengusir nyamuk dalam bentuk lotion. Tetapi terkadang ada orang yang tidak tahan dengan asap obat nyamuk bakar, atau alergi dengan obat nyamuk oles.

Nah, kalau Anda juga menghadapi masalah yang semacam itu, gunakan saja daun pepaya untuk dipakai sebagai obat nyamuk.

Caranya, ambil daun pepaya secukupnya dan rebus sampai betul-betul mendidih. Setelah itu rebusan daun pepaya itu ditaruh di tempat-tempat yang diinginkan. Dijamin, nyamuk akan segera pergi jauh dan tak berani mendekat lagi, karena mereka tidak betah dengan bau daun pepaya.


Tips mengusir nyamuk dengan aman

Tentunya kita sering merasa dibuat jengkel karena nyamuk yang begitu mengganggu di rumah kita. Tidur jadi tidak nyenyak gara-gara nyamuk, mengerjakan sesuatu pun jadi terganggu gara-gara nyamuk. Biasanya kita langsung menyalakan obat nyamuk bakar.

Tetapi sebenarnya obat nyamuk bakar bisa berbahaya karena kalau kita lengah bisa menyebabkan kebakaran. Selain itu, obat nyamuk bakar disinyalir mengandung zat pestisida berlebihan sehingga membahayakan kesehatan, hingga kita harus lebih waspada dan pikir-pikir dulu sebelum memakai obat nyamuk bakar.

Nah, ada tips sederhana dan gampang yang bisa dipakai untuk menangkal nyamuk di rumah kita. Caranya, kalau kita sehabis makan nanas atau membuat rujak dan kebetulan memakai buah nanas, sebaiknya kulit nanasnya jangan dibuang.

Masukkan kulit nanas itu ke dalam ember kecil yang sudah diisi air. Kemudian letakkan ember berisi air dan kulit nanas itu di tempat yang biasanya dipakai nyamuk untuk berkeliaran, semisal di pojok kamar atau di sudut rumah. Dijamin nyamuk-nyamuk pun akan menjadi takut untuk datang.


Tips praktis mengusir nyamuk

Sering jengkel karena sering diganggu nyamuk? Kadang nyamuk tetap saja membandel meski kita sudah memasang obat nyamuk di rumah kita atau menyemprotkan pembasmi nyamuk. Tips berikut ini akan memberikan cara yang sangat praktis untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda:

Ambil daun dan kulit jeruk, bisa juga ditambahkan batang serai (sereh), lalu tumbuk sampai halus. Kemudian tebarkan di sekitar sarang nyamuk, seperti di bibir got, parit, atau kolong tempat tidur di rumah Anda. Nyamuk pun akan segera pergi menyingkir.

Cara yang sama, meski tak harus ditumbuk, juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan kulit durian. Letakkan kulit durian di kamar atau gudang yang banyak nyamuknya, atau di dekat tempat sampah, di pinggir got atau kolong meja. Nyamuk pun akan segera lari menjauh.