Cara Menghindari Getah Lengket Saat Makan Nangka

 Cara Menghindari Getah Lengket Saat Makan Nangka

BIBLIOTIKA - Anda suka menikmati nangka matang? Juga suka masakan gudeg? Anda tentunya tahu kalau nangka yang nikmat dan lezat itu sering membuat jengkel saat mengolahnya. Karena ketika mengupas nangka, getah nangka yang terkenal lengket itu pun susah hilangnya dari tangan.

Nah, kalau Anda mau mengikuti tips yang berikut ini, getah nangka tak akan menjadi masalah lagi.

Sebelum membelah nangka, olesilah kedua tangan Anda dengan minyak kelapa. Lakukan juga hal yang sama untuk pisau, sarung tangan, jika Anda memakainya. Kemudian, belah atau potonglah nangka dalam posisi terbalik, yang bagian batangnya diusahakan ada di tempat yang lebih rendah. Ini akan membuat getah yang keluar dapat diminimalkan.

Jika sudah selesai, baluri lagi tangan Anda dengan minyak kelapa tadi, juga pisau yang barusan Anda pakai. Lalu cucilah dengan sabun tangan biasa. Lihatlah, pasti tak ada sisa lengket getah nangka lagi. Mudah dan praktis, bukan?


Tips dan kiat membeli apokat

Banyak yang menyukai buah yang satu ini. Selain nikmat diminum sebagai jus, buah apokat juga baik untuk perawatan kulit. Daging buah apokat memang memiliki banyak manfaat. Selain untuk melembutkan kulit, apokat juga bisa membantu menyuburkan rambut. Nah, di bawah ini adalah petunjuk dalam cara memilih buah apokat.
  1. Pilihlah buah yang berkulit hijau tua mengkilat.
  2. Goyangkan buah tersebut. Apabila terasa ada bunyi bergojlok, itu tandanya buah apokat tersebut tua (matang) di pohon.
  3. Ambillah buah yang bagian tangkainya masih segar dan tampak berair.
  4. Hindari buah apokat yang kulitnya berwarna hijau muda dan bertotol hitam.


Tips memanfaatkan roti tawar yang mengeras

Roti tawar biasanya selalu disediakan di rumah sebagai pelengkap sarapan pagi. Selain harganya relatif murah, roti tawar juga enak dijadikan menu sarapan, apalagi jika ditambah dengan susu atau gula. Cuma sayangnya, roti tawar yang praktis itu seringkali menjadi keras kalau terlalu lama disimpan. Bila roti tawar telah menjadi keras, kita pun biasanya kemudian membuangnya karena untuk dimakan tentu sudah tak mungkin.

Nah, ada resep istimewa yang bisa dipakai agar roti tawar yang keras itu bisa dimanfaatkan hingga tidak terbuang percuma. Mau coba?

Kukuslah roti tawar yang telah mengeras itu di dalam dandang (tempat untuk menanak nasi) selama sepuluh menit. Begitu diangkat, Anda pun akan mendapati roti tawar yang keras itu telah melunak serta enak kembali.

Lebih enak lagi kalau sebelum dikukus, roti tawar tersebut diiris-iris terlebih dulu, lalu ditangkupkan sepasang-sepasang dengan mentega dan gula di tengah-tengahnya. Rasanya pasti sungguh lezat. Coba saja.