Cara Menghilangkan Noda Tinta Sampai Noda Permen Karet pada Baju

Cara Menghilangkan Noda Tinta Sampai Noda Permen Karet pada Baju

BIBLIOTIKA - Bila baju atau gaun kesayangan Anda terkena noda karat atau noda tinta, Anda tak perlu marah-marah dulu, karena noda-noda di pakaian tersebut dapat dihilangkan dengan jeruk nipis.

Caranya, peraslah jeruk nipis dan teteskan airnya pada bagian yang terkena noda. Kemudian tutuplah dengan kain perca. Setelah itu, setrikalah perlahan-lahan. Maka dalam waktu yang tidak terlalu lama, noda tinta atau noda karat itu pun akan pindah ke kain perca yang digunakan sebagai penutup itu. Dan baju kesayangan Anda pun akan bersih kembali.


Memanfaatkan bumbu masak untuk noda baju

Bumbu masak (vetsin) yang selama ini kita kenal sebagai penyedap masakan, ternyata mempunyai kegunaan lain, yaitu sebagai pembersih noda pada pakaian, seperti noda tinta, noda kecap, noda dari asap kendaraan bermotor atau sejenisnya, asal masih dalam keadaan baru (baru terkena noda).

Caranya, basahi terlebih dulu pakaian yang terkena noda, lalu taburkan vetsin pada bagian noda yang melekat pada pakaian tersebut. Kemudian sikatlah pakaian itu, dan dalam waktu yang tak terlalu lama, noda yang melekat itu pun akan hilang seketika.


Memanfaatkan rumput untuk menghilangkan noda

Anda pasti belum tahu kalau rumput di halaman rumah kita bisa pula membantu menghilangkan noda di pakaian. Kalau Anda tidak percaya, Anda bisa mencoba sendiri untuk membuktikannya. Ingin tahu lebih lanjut?

Ambillah pakaian yang terkena noda membandel. Noda yang membandel seperti ini biasanya sulit hilang meski sudah dicuci dengan detergen anti noda. Biasanya masih ada bekas noda yang tertinggal.

Nah, agar bekas-bekas noda yang membandel itu benar-benar hilang dari pakaian, gosoklah bekas noda itu dengan jeruk nipis secukupnya. Setelah itu, jemurlah pakaian itu di atas rerumputan yang hijau bersih. Dijamin noda itu pun akan segera hilang tak berbekas. Agar hasilnya lebih baik, jemurlah di saat pagi hari.


Cara menghilangkan noda permen karet

Selain mengasyikkan untuk dinikmati, permen karet kadang membuat jengkel juga. Ini biasanya kalau kita mendapati ada noda permen karet yang menempel di baju atau pakaian kita. Rasanya susah sekali untuk menghilangkannya.

Bila Anda atau anak Anda mengalami hal seperti ini, dan Anda mendapati ada noda permen karet di pakaian, jangan buru-buru jengkel. Ikuti saja tips berikut.

Masukkan pakaian yang terkena noda permen karet itu ke dalam lemari es kira-kira sampai setengah jam. Kalau tidak ada lemari es, bisa pula dimasukkan ke dalam termos es yang diisi es batu secukupnya. Setelah setengah jam, ambil dan keluarkan. Anda bisa membuktikan sendiri, noda permen karet yang menempel itu pun akan mudah dilepaskan dari pakaian. Nah, kemudian cuci pakaian itu seperti biasa. Mudah, kan?