Cara Mengganti Selang Radiator Mobil

Cara Mengganti Selang Radiator Mobil

BIBLIOTIKA - Selang radiator pada mobil Anda harus diperiksa dan diganti secara berkala. Pemeriksaan bahkan penggantian selang radiator termasuk hal yang mudah, sehingga dapat Anda lakukan sendiri. Berikut ini panduan yang perlu Anda perhatikan:

Untuk memeriksa kesehatan selang radiator, Anda cukup menekan selang tersebut.

Jika terasa lembek seperti busa atau tampak membengkak, pecah, bahkan rusak, maka selang tersebut sudah waktunya untuk diganti. Setiap mobil mempunyai dua buah selang radiator, yaitu selang atas dan selang bawah. Biasanya, jika Anda mengganti salah satu selang, maka selang lainnya pun harus diganti.

Ketika mengganti selang radiator, perhatikan mesin mobil harus dalam keadaan dingin. Setelah mesin dingin, tempatkan sebuah penadah besar di bawah lubang untuk mengosongkan isi radiator. Kemudian lepas cup radiator dan buka petcock yang berada di bawah radiator dengan menggunakan tang.

Setelah pendingin sudah kering, lepaskan klem yang menahan kedua ujung selang. Pada beberapa jenis mobil, selang radiatornya ada yang ditahan dengan kawat pengencang.

Untuk melepaskannya, Anda harus menggunakan obeng. Jika klem terlepas, selang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Namun terkadang selang tak dapat dilepaskan begitu saja. Untuk kasus seperti ini, Anda harus menggunting selang tersebut.

Periksa juga klem yang Anda lepaskan tadi. Jika sudah terdapat karat, Anda pun sudah harus menggantinya. Dalam memilih selang dan klem, Anda harus teliti, karena ada berbagai jenis ukuran yang tersedia untuk berbagai jenis mobil.

Sebelum memasang selang yang baru, bersihkan lebih dulu titik-titik penghubung selang dari kotoran dan karat dengan ampelas.

Kemudian, pasang kembali klem di tiap ujung selang. Pasang gasket penahan di sekitar titik penghubung selang dan masukkan ujung selang pada fitting-nya masing-masing.

Perhatikan keadaan klem. Klem harus terletak kira-kira satu inci dari setiap ujung selang. Kencangkan klem-klem tersebut, tetapi jangan sampai merusak selangnya.

Selanjutnya isi kembali radiator dengan pendingin dan nyalakan mesin selama kurang lebih 15 menit. Hal ini dilakukan agar temperatur sesuai dengan mesin yang sedang berjalan.