Cara Mengganti Ban Sepeda Motor dengan Mudah

Cara Mengganti Ban Sepeda Motor dengan Mudah

BIBLIOTIKA - Mengganti ban motor baru terkesan sangat sepele. Tetapi jika Anda tidak jeli, akibatnya bisa repot. Roda bisa saja terasa goyang saat dinaiki, meski velg dan jari-jari tak bermasalah. Selain itu, ban dalam juga bisa mudah pecah meski belum lama diganti.

Karena itu, biar aman, ada beberapa hal yang perlu disimak sebelum mengganti ban motor Anda, jika memang Anda ingin menggantinya sendiri:

Perhatikan arah putar ban, jangan sampai terbalik. Ikuti saja tanda panah yang biasanya ada di pinggir ban.

Saat ban akan dipasang, pastikan garis pinggir ban berada dalam posisi rata dan seimbang dengan bibir velg. Jika tidak rata, maka ban akan terasa goyang jalannya.

Perhatikan posisi pentil agar tidak miring, karena ini akan membuat ban mudah sobek.

Posisi ban harus dalam kondisi pas, jangan sampai melipat ban karena ban akan mudah pecah. Selain itu, angin jadi tidak rata sehingga bentuk ban bisa benjol.


Yang perlu Anda ketahui seputar kaki motor

Yang disebut kaki tentu saja segala sesuatu yang terdapat di bagian bawah motor seperti jari-jari dan ban motor. Kedua benda tersebut sangat berpengaruh terhadap jalannya motor. Anda tentu juga tahu bahwa kalau ban motor kempes atau jari-jarinya tidak stabil, maka motor pun menjadi tidak nyaman saat dikendarai.

Nah, ada baiknya kenali kaki motor Anda, sebelum terjadi sesuatu saat dikendarai:
  1. Kaki-kaki motor wajib kokoh. Jangan sampai goyang.
  2. Lihat velg jari-jari. Jika batang jarinya kendur, harus disetel ulang. Ini penyebab getaran saat melaju.
  3. Periksa juga jari-jari penahan beban. Untuk menyetelnya bawa ke tukang setel jari-jari.
  4. Begitu juga dengan velg. Rasakan waktu dikendarai. Bila pelan oleng-oleng, itu tandanya velg penyok. Atau ketika motor distandar dan ketika roda diputar nampak goyang, itu tanda bahwa velg dan jari-jarinya perlu disetel ulang.
  5. Periksa kondisi kembang atau grip karet ban. Bila dirasa sudah botak atau gundul, sebaiknya lekas diganti.
  6. Pilihlah alur ban yang dapat mengatasi trek kering dan basah. Selain itu, tekanan anginnya harus disesuaikan dengan rekomendasi pabrik.
  7. Cermati juga poros lengan ayun. Bagian ini juga harus kokoh karena bagian ini berfungsi sebagai persendian.