Cara Mengatasi Lecet dan Baret pada Bodi Sepeda Motor

 Cara Mengatasi Lecet dan Baret pada Bodi Sepeda Motor

BIBLIOTIKA - Jalanan yang macet bisa mengakibatkan motor kita tersenggol oleh motor lain yang mengakibatkan bodi motor jadi lecet. Atau bisa juga karena terjatuh yang membuat bodi motor tidak mulus lagi. Nah, untuk mengatasi bodi motor yang lecet-lecet ini, Anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus membawa motor Anda ke bengkel.

Yang perlu Anda lakukan adalah beberapa langkah berikut ini:

Siapkan dempul, ampelas, cat warna dan cat epoxy. Epoxy gunanya untuk memperkeras bagian yang didempul, juga untuk menghidupkan warna cat baru. Bila Anda tidak memiliki spray gun, Anda bisa menggunakan botol semprot model pylox.

Sebelum di-epoxy, bodi yang lecet diampelas dulu. Gunakan ampelas dengan ukuran kasar hingga paling halus nomor 1000 agar bidang yang diampelas jadi halus. Setelah seluruh cat dasarnya hilang, dempullah bagian yang lecet dan terkelupas tersebut.

Oleskan dempul tipis-tipis, bisa menggunakan tangan untuk bagian yang sulit dijangkau. Campur dengan air jika dempul kering. Selasai mendempul, catlah seluruh bagian itu dengan cat epoxy. Tunggu sampai kering, lalu dempul lagi permukaan yang masih terasa kurang rata. Rasakan dengan tangan.

Agar bagian ini rata saat dicat lagi, ampelaslah bekas dempul sampai rata. Terakhir, semprotkan cat yang sewarna dengan bodi ke seluruh permukaan. Bila ingin tambah mengkilap, bisa disemprot juga dengan pylox clear atau dikompon terus sampai mengkilap.

Dengan cara-cara tersebut, dijamin hasilnya tidak kalah dengan bikinan bengkel.


Memperbaiki goresan dan baret

Goresan dan baret merupakan kerusakan paling umum pada kendaraan. Walaupun tidak mengganggu si pengendara, tapi tentunya goresan dan baret ini mengganggu penampilan kendaraan Anda, bukan?

Sebetulnya untuk memperbaiki kerusakan yang satu ini mudah saja. Hanya dengan menyisihkan sedikit waktu, Anda dapat memperbaikinya sendiri. Berikut ini yang perlu diketahui mengenai baret tersebut:

Biasanya goresan dan baret yang ada tidak sampai mengganggu metal pada kendaraan Anda.

Untuk melihat seberapa dalam goresan itu, kita dapat mengetesnya dengan cara meraba goresan tersebut dengan jari. Bila kuku Anda tidak masuk ke dalam goresan tersebut, maka goresan ini termasuk yang ringan.

Untuk mengatasinya, Anda cukup menggosok bagian yang tergores dengan campuran penggosok dan kain lap yang bersih.

Gosoklah bagian tersebut secara perlahan hingga goresannya menghilang.

Bila ternyata goresan yang terdapat pada kendaraan Anda cukup dalam hingga kuku Anda terasa masuk ke dalamnya, maka Anda dapat mengatasinya dengan cara mencuci tempat yang tergores itu dengan busa deterjen. Bilas sampai bersih, kemudian keringkan dengan kain lap yang bersih.

Setelah dibersihkan, gosoklah bagian tersebut dengan pelarut minyak untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran pada metal.

Setelah selesai dengan proses pembersihan, ampelaslah bagian yang tergores dengan kertas ampelas ukuran 400.

Gosok bagian tersebut secara perlahan sambil sesekali dibasahi dengan busa deterjen hingga goresan tidak nampak lagi, serta tidak terdapat pinggiran yang tajam antara metal dan meni atau antara meni dan cat.

Kemudian, basahkan bagian yang telah diampelas itu dengan alkohol. Lalu, catlah kembali bagian tersebut dengan menggunakan kuas kecil.