Cara Mengatasi Gangguan Lampu Isyarat pada Mobil

 Cara Mengatasi Gangguan Lampu Isyarat pada Mobil

BIBLIOTIKA - Gangguan kecil yang terjadi pada mobil seringkali terabaikan. Padahal, gangguan kecil ini terkadang bisa berakibat fatal terhadap kesehatan mobil Anda. Gangguan seperti ini misalnya terdapat pada lampu isyarat mobil Anda. Padahal gangguan jenis ini sangat mudah dideteksi. Berikut ini adalah gejala bila lampu isyarat mengalami masalah:

Gangguan lampu isyarat dapat terlihat jika tekanan minyak terlihat berkedip-kedip atau menyala sebentar ketika Anda sedang mengemudikan mobil. Hal ini mungkin diakibatkan oleh mesin yang kekurangan minyak pelumas, tekanan minyak pelumas terlalu rendah, lampu pada kontak peringatan rusak, atau sistem listrik antara lampu dan kontak peringatan yang berhubungan dengan badan mesin telah rusak.

Untuk menghindari terjadinya pemanasan pada mesin atau untuk menjaga bantalan-bantalan mesin agar tidak hancur, pemeriksaan harus dilakukan dengan segera.

Untuk melakukan pemeriksaan, matikan mesin mobil Anda. Kemudian periksa jumlah minyak pelumas melalui tongkat pengukur atau deep stick. Jika kurang, tambahkan segera.

Kemudian untuk mengetahui bahwa kontak peringatan berada dalam kondisi baik, Anda dapat memeriksanya dengan cara sebagai berikut:
  1. Putar tombol lampu isyarat ke posisi on. Pada saat ini, lampu isyarat harus menyala.
  2. Lepaskan kawat dari terminal tombol yang terdapat pada blok mesin.
  3. Jika lampu padam, artinya tombol tersebut rusak.
  4. Namun jika lampu tetap menyala, dapat dipastikan ada korsleting pada rangkaian listrik antara tombol dan lampu peringatan. Sebaiknya kendaraan dibawa ke bengkel untuk diperiksa dengan lebih teliti.
  5. Jika kerusakan terdapat pada pompa minyak pelumas, maka tekanan minyak akan berkurang dan lampu isyarat akan menyala terus-menerus.
  6. Dalam keadaan seperti ini, Anda tidak boleh memaksa untuk terus menjalankan mesin, karena mesin akan menjadi terlalu panas, kemudian rusak. Hal yang harus Anda lakukan adalah memasang persneling pada posisi netral, kemudian tarik kendaraan Anda ke bengkel terdekat.