Cara Membuat Obat Nyamuk Sendiri

 Cara Membuat Obat Nyamuk Sendiri

BIBLIOTIKA - Harga obat nyamuk cair saat ini tergolong mahal, sementara nyamuk-nyamuk tetap bekerja menggigit manusia. Jika Anda ingin berhemat, buat saja obat nyamuk sendiri. Mau coba?

Siapkan bahan-bahannya, antara lain; 12 butir kapur barus dan 50 ml minyak tanah. Tumbuklah kapur barus sampai halus, lalu campurkan minyak tanah dan aduk-aduklah hingga merata. Setelah itu, masukkan cairan itu ke dalam semprotan obat nyamuk, kemudian semprotkan ke ruangan yang dihinggapi banyak nyamuk. Nyamuk-nyamuk pun akan mati dengan sendirinya, selain itu ruangan di rumah Anda akan menjadi harum.


Menjadikan kulit jeruk untuk obat nyamuk

Tahukah Anda, ternyata kulit jeruk (jeruk apa saja) bisa digunakan sebagai obat untuk mengusir nyamuk yang seringkali mengganggu tidur kita setiap alam. Untuk itu, bagi Anda yang alergi dengan asap obat nyamuk bakar dan tidak suka dengan bau obat nyamuk semprot, gunakan saja kulit jeruk ini sebagai gantinya.

Caranya, kupaslah jeruk dengan memotongnya secara melingkar. Jemurlah sampai kering, lalu bakarlah ujung kulit jeruk. Cara ini bisa mengusir nyamuk seperti obat-obat nyamuk bakar lain buatan pabrik.


Tips membuat obat nyamuk darurat

Bila suatu hari obat nyamuk di rumah Anda telah habis dan Anda belum mempersiapkan gantinya, apa yang akan Anda lakukan? Sementara nyamuk di rumah Anda begitu banyak dan sangat mengganggu tidur Anda sekeluarga. Cobalah tips berikut untuk dijadikan sebagai obat nyamuk darurat.

Ambillah satu liter minyak tanah, satu botol minyak angin, sepuluh butir kamfer (kapur barus), dan satu kaleng kosong. Campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam kaleng kosong, aduk-aduk sampai merata, lalu semprotkan dengan alat penyemprot nyamuk ke tempat-tempat yang banyak nyamuknya. Nyamuk-nyamuk di rumah Anda pun akan segera pergi atau mati.