Cara Membuat Cairan Pembersih Sendiri

Cara Membuat Cairan Pembersih Sendiri

BIBLIOTIKA - Pada masa sekarang ini, cairan pembersih sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, karena dengan bantuan cairan pembersih ini tugas-tugas pembersihan rumah jadi lebih mudah dan lebih ringan. Namun, tahukah Anda, sebenarnya Anda juga bisa membuat cairan pembersih sendiri, sehingga biayanya lebih murah, sekaligus Anda tidak perlu repot-repot membeli cairan pembersih ke toko lagi.

Jika Anda berminat untuk membuat cairan pembersih sendiri, silakan cermati panduan berikut.

Campurkan 1 sendok teh boraks, setengah sendok teh baking soda, 2 sendok teh cuka, seperempat sendok teh sabun cuci cair, dan 2 cangkir air panas. Aduk-aduk hingga merata. Setelah airnya dingin, simpanlah dalam botol semprot.

Nah, untuk mengatasi kotoran yang membandel pada kompor, semprotkan cairan pembesih tadi, dan biarkan selama 15 menit, setelah itu dibersihkan. Sedang untuk membersihkan bagian dalam oven, semprotkan cairan pembersih, dan biarkan selama satu malam, lalu bersihkan.


Cara membuat pengharum ruangan

Ada cara yang mudah sekaligus murah untuk menjadikan ruangan rumah Anda selalu harum, yakni dengan memanfaatkan kulit buah jeruk. Jika Anda tertarik, berikut ini cara membuatnya.

Setelah Anda memakan jeruk, jangan buang kulitnya. Jemur saja kulit buah jeruk tersebut hingga mengering. Nah, sewaktu-waktu jika Anda membutuhkan pengharum ruangan, bakarlah kulit jeruk yang telah mengering itu dalam sebuah wadah, maka ruangan Anda pun akan menjadi harum karena bakaran kulit jeruk tersebut. Gampang, kan?


Cara membuat kamar kecil selalu harum

Anda tentu menginginkan kamar kecil Anda tidak berbau jorok atau berbau tidak sedap, kan? Nah, ada cara yang mudah sekaligus murah untuk menjadikan kamar kecil Anda selalu berbau harum dan wangi. Ingin tahu caranya? Silakan cermati tips berikut.

Ambillah bekas botol air mineral ukuran 500 mililiter, kemudian masukkan cairan pembersih dan pewangi lantai apa saja, hingga seperempatnya. Untuk mempercepat penguapannya, masukkan cairan alkohol 70% (bisa dibeli di apotek) ke dalamnya. Terakhir, jangan tutup botol tersebut.

Kalau kamar kecil Anda menggunakan closet duduk, Anda bisa meletakkan botol yang telah diisi cairan tersebut di bawah tangki pembilas. Maka bau harum yang semerbak pun akan tercium ke seluruh ruangan, sehingga kamar kecil Anda menjadi nyaman digunakan.