Cara Membasmi Bau Apek Dalam Mobil

 Cara Membasmi Bau Apek Dalam Mobil

BIBLIOTIKA - Mobil Anda bau apek? Tentunya tidak nyaman saat mengendarai mobil disertai bau apek itu. Aroma kurang sedap itu biasanya muncul dari balik karpet akibat terendam air. Genangan yang menjelajah ke dalam kabin didominasi karpet dan busa itu tak bisa lagi menghindari resapannya. Apalagi jika pada bagian dek terdapat bolongan atau lubang lantaran tutup karet lepas.

Tetapi, air dan karpet yang telah menyatu dan menimbulkan bau apek yang tidak sedap itu bukanlah musuh yang tak dapat dikalahkan.

Bagian paling rendah yang mungkin terendam banjir adalah dasar kabin mobil. Pada karpet inilah bau apek menjalar ke seluruh ruang penumpang. Napas pun jadi terasa sesak. Sehingga karpet wajib dilepas, tentunya dengan mencopot jok terlebih dahulu. Cukup dengan kunci ring pas untuk melepas baut-bautnya.

Kemudian copot seluruh karpet dari lantai mobil. Peredam juga harus diganti. Setelah dicopot, langsung saja karpet disemprot dengan air dan disikat. Tentu dengan deterjen. Jangan menyikat karpet terlalu keras. Shampo mobil yang banyak beredar di pasaran juga bisa digunakan.

Setelah digosok, langsung dibilas. Ulangi langkah itu hingga beberapa kali, agar bau yang tidak enak itu segera menghilang. Labih bagus jika Anda punya penyemprot air bertekanan tinggi, sehingga kotoran bisa lebih mudah hilang.

Untuk mengeringkannya, cukup dijemur di bawah panas matahari. Namun tak ada salahnya jika Anda juga menggunakan vacuum cleaner yang bisa dipakai untuk menghisap air.

Sambil menunggu keringnya karpet, Anda bisa nyambi menggarap jok mobil. Berbagai jok yang berbeda tentunya butuh penanganan yang berbeda pula. Untuk yang standar pabrik (dengan bahan karung), cukup dikerjakan seperti membersihkan karpet. Tetapi yang sudah dibungkus dengan jok tentunya harus melepaskan joknya terlebih dulu, kemudian direndam dalam air shampo dan disikat perlahan sisi luar dan dalamnya.

Setelah selesai dicuci, keringkan saja dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Jika Anda ingin menggunakan hair dryer untuk membantu mengeringkannya, juga tidak dilarang.

Nah, mudah bukan...?