Cara Efektif Menggunakan Search Engine

Cara Efektif Menggunakan Search Engine
BIBLIOTIKA - Search engine atau mesin pencari sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan dan aktivitas di internet, karena search engine inilah yang sering menjadi pintu pertama ketika kita memasuki internet. Search engine dapat digunakan untuk mencari data atau berita tertentu, atau informasi-informasi yang ditujukan untuk keperluan riset, pencarian gambar atau image, dan lain-lain. Pendeknya, orang sulit lepas dari menggunakan search engine ketika berselancar di internet.

Yang menjadi masalah, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara kerja search engine dalam menyuguhkan data yang kita cari, sehingga proses pencarian data melalui search engine pun sering menjadi upaya yang tidak efektif. Bukannya mendapatkan data yang kita cari dalam waktu yang relatif singkat, tapi malah menghabiskan waktu kita karena pencarian terkesan berputar-putar tak kunjung arahnya.

Hal semacam di atas biasanya terjadi karena kekeliruan dalam meng-input kata kunci ke dalam search engine atau hal-hal lain yang mungkin dianggap sebagai hal biasa, tapi sesungguhnya tidak efektif dalam penggunaan search engine.

Karenanya, agar proses pencarian data yang Anda lakukan di search engine bisa benar-benar efektif, Anda bisa merujuk pada tips-tips di bawah ini.

Gunakan search engine yang tepat

Di internet, ada banyak sekali search engine atau mesin pencari yang dapat digunakan. Tetapi, tidak semua search engine itu memiliki kemampuan sebagaimana yang kita harapkan. Ada banyak search engine yang tidak mampu meng-update data-data dalam database-nya karena kurangnya dana, sehingga hasil pencarian pun jadi tidak maksimal.

Pada saat ini, search engine yang masih dianggap baik dan terpercaya adalah Google dan Yahoo!, meski tidak menutup kemungkinan masih ada search engine lain yang sama bagusnya dengan mereka. Tetapi intinya, jika Anda mencari data di search engine yang tidak terpercaya, maka hasilnya bukan data yang Anda dapatkan, tetapi waktu Anda yang terbuang percuma.

Hindari penggunaan kata kunci yang terlalu umum

Ketika mencari data atau situs tertentu melalui search engine, maka kita pun akan memasukkan kata kunci ke dalam mesin pencari, untuk kemudian dicarikan situs-situs yang memiliki kata kunci tersebut. Tetapi penggunaan kata kunci ini akan “menyesatkan” Anda jika Anda tidak menggunakannya secara efektif.

Jika Anda memasukkan kata kunci yang sifatnya terlalu umum ke dalam mesin pencari, maka hasil yang akan Anda dapatkan bukanlah sesuai yang Anda inginkan, melainkan setumpuk data yang mungkin malah jauh dari data yang sebenarnya Anda inginkan.

Misalnya, jika Anda memasukkan kata kunci “laptop”, maka apa saja yang berhubungan dengan laptop akan dimunculkan oleh search engine, dari urusan jual beli sampai pencurian laptop. Ini tentu saja tidak efektif dan akan menghambat waktu pencarian Anda. Akan lebih baik kalau Anda menggunakan kata kunci yang spesifik, misalnya “Laptop merek Anu” atau semacamnya.

Masukkan kata kunci yang singkat tetapi jelas

Jika di atas disarankan tentang perlunya kita menggunakan kata kunci yang spesifik, maka yang perlu diperhatikan kemudian adalah kejelasan dari kata kunci tersebut. Kata kunci yang relatif panjang atau detail juga tidak efektif.

Misalnya, kalau Anda menggunakan kata kunci berbunyi ‘biografi singkat Soeharto selama masa kepresidenan’, maka Anda akan memperoleh setumpuk data yang justru akan jauh dan tak berhubungan dengan kata kunci tersebut. Akan jauh lebih baik jika Anda hanya memasukkan kata kunci berbunyi ‘biografi singkat Soeharto’.

Selain itu, kesalahan pengetikan atas suatu nama atau data tertentu di dalam kata kunci juga akan membuat Anda “tersesat” karena search engine akan memberikan tepat sama seperti kata yang Anda masukkan ke dalam kata kunci, meski kata kunci itu sebenarnya keliru.

Gunakan operator Boolean

Jika Anda memasukkan “AND”, “OR”, atau “NOT”, dengan kombinasinya sebagai kata kunci pencarian, maka hal itu akan sangat membantu search engine dalam menemukan situs-situs yang lebih spesifik.

Kata kunci ‘Soeharto AND biografi NOT masa kemerdekaan’ akan membawa Anda ke halaman yang langung membahas tentang biografi Soeharto, dan menghindari masuknya halaman tentang masa kemerdekaan dengan nama yang sama pada hasil pencarian Anda.

Manfaatkan tanda kutip dalam frasa utuh

Pada umumnya, search engine mengisyaratkan penggunaan tanda kutip dalam kata kunci jika memang menginginkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Misalnya, penggunaan kata kunci Biografi singkat Soeharto (tanpa tanda kutip) akan menghasilkan setumpuk data yang mungkin tidak akan efektif, jika dibandingkan dengan kata kunci “Biografi singkat Soeharto” (dengan menggunakan tanda kutip).

Selain menggunakan tanda kutip, Anda juga bisa menambahkan operator Boolean seperti yang telah dijelaskan di atas di dalam kata kunci pencarian Anda, untuk semakin mengefektifkan hasil pencarian Anda.

Manfaatkan direktori

Beberapa search engine menyediakan fasilitas direktori yang akan membawa Anda secara langsung ke topik-topik tertentu yang telah diklasifikasikan sedemikian rupa, sehingga akan memudahkan proses pencarian.

Mesin pencari atau search engine yang telah menggunakan direktori antara lain adalah Yahoo!, Lycos, dan Altavista. Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan Indonesia, disarankan untuk menggunakan direktori lokal Indonesia, misalnya Catcha, SearchIndonesia, Naver, atau yang lainnya.

Gunakan fitur khusus yang ada di search engine

Beberapa mesin pencari, seperti misalnya Google, tidak hanya menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel atau data-data, tetapi juga menyediakan sarana pencarian atas file-file multimedia seperti gambar, MP3, atau bahkan rekaman video. Selain itu, Google juga memberikan pilihan pencarian di situs-situs umum ataukah blog.

Sementara itu, mesin pencari semacam MetaCrawler bekerja dengan cara mengirimkan perintah pencarian ke beberapa mesin pencari sekaligus, dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Karenanya, menggunakan fitur khusus yang disediakan serach engine yang Anda gunakan akan lebih mengefektifkan hasil pencarian Anda.

Untuk tujuan ini, Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada mesin pencari favorit Anda untuk memanfaatkan penggunaannya secara maksimal.

Manfaatkan fungsi “Find” pada browser

Ketika Anda memasukkan kata kunci tertentu pada search engine, dan kemudian diantarkan ke situs yang memuat kata kunci yang Anda cari, tidak secara otomatis kata kunci itu akan dapat langsung Anda lihat. Bisa jadi Anda akan berhadapan dengan bertumpuk-tumpuk halaman situs yang akan membuat Anda kebingungan dalam mencari kata kunci Anda tadi.

Nah, untuk mengefektifkan waktu pencarian Anda, manfaatkan fitur “Find” yang ada di browser Anda. Caranya, begitu Anda sampai di situs yang dirujuk oleh search engine, dan Anda tidak bisa langsung menemukan data yang Anda cari, ketikkan Ctrl+F untuk memunculkan kotak dialog Find. Setelah itu, ketikkan kata kunci Anda di dalam kotak dialog tersebut. Nah, Anda pun akan langsung menemukan kata kunci yang Anda cari-cari.