Bila Mesin Mobil Tidak Bisa Dinyalakan, Perhatikan Hal-hal Ini

 Bila Mesin Mobil Tidak Bisa Dinyalakan, Perhatikan Hal-hal Ini

BIBLIOTIKA - Mesin mobil Anda tak bisa hidup? Sebelum Anda panik, ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi persoalan ini:

Bila mesin berada dalam kondisi bagus, kompresinya bagus dan baik timing pengapian serta klep juga tepat, maka yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin dengan mudah adalah jumlah campuran bahan bakar / udara yang tepat serta percikan api busi yang cukup.

Kebutuhan akan percikan ini sangat bergantung pada kondisi accu, karena dinamo starter membutuhkan arus sangat besar sehinga sistem pengapian kadang tidak mendapatkan cukup energi listrik yang tersedia. Inilah sebabnya mengapa sering terjadi dimana mesin yang tidak mau hidup tiba-tiba saja hidup begitu kunci dikembalikan ke posisi on, sementara mesinnya masih berputar.

Ketika mesin ‘ngambek’ tidak mau distart dengan dinamo starter namun dapat hidup dengan mudah ketika didorong; maka dalam hal ini, yang pertama harus dicek adalah kedua terminal accu, karena sering terdapat endapan di bagian dalam konektor kabelnya. Endapan ini harus dibersihkan dengan sikat kawat khusus untuk accu, dan kotoran yang terdapat di bagian luar dapat dibersihkan dengan air hangat.

Satu tes cepat untuk mengetahui terminal kotor adalah dengan memutar kunci kontak ke posisi start selama 10 detik. Bahkan bila dinamo starter tidak berputar, terminal yang kotor akan menjadi panas, sedangkan terminal bersih tidak. Anda dapat merasakannya dengan tangan.

Pada mobil yang sudah tua, kondisi dinamo starter juga berperan, karena starter yang sudah usang akan memiliki tahanan listrik yang cukup tinggi sehingga menyerap energi listrik yang sangat tinggi untuk memutar mesin.

Memancing untuk menghidupkan mesin sekarang menjadi prosedur yang berbahaya. Komputer pada kebanyakan mobil baru tidak tahan terhadap lonjakan arus yang mungkin terjadi.

Untuk mengatasinya, kedua mobil harus diparkir berdekatan, namun tidak boleh bersentuhan. Terminal panas (biasanya positif) pada tiap accu harus disambung. Satu ujung kabel negatif (massa) harus disambungkan ke bagian mesin mobil yang mogok dekat dengan dinamo starter, tidak di terminal accu.

Mobil donor sekarang dapat dinyalakan dan digas sampai sekitar 2000 rpm, sebelum menyalakan mesin yang satunya. Setelah berhasil dinyalakan, matikan mesin donor, namun biarkan mesin yang satunya tetap hidup dan menyalakan semua lampu, fan AC serta penghapus kabut kaca belakang dari mesin yang baru dinyalakan ini sebelum melepaskan kabel-kabel dengan urutan terbalik. Ini untuk menghindari kelebihan voltase.


Trik mengatasi busi ngadat

Apabila kendaraan Anda tiba-tiba mogok yang disebabkan oleh kerusakan busi, jangan buru-buru khawatir, atasi saja dengan mengambil tindakan sebagai berikut.

Pecahkan porselen isolator bagian dalam yang membalut elektrodanya, lalu pasang kembali ke posisi semula. Kemudian cobalah distarter, dijamin mesin kendaraan akan berjalan kembali tanpa harus didorong.