Bila Knalpot Berasap Tebal, Perhatikan Hal-hal Ini

 Bila Knalpot Berasap Tebal, Perhatikan Hal-hal Ini

BIBLIOTIKA - Knalpot kendaraan Anda berasap tebal? Selain mengganggu pernapasan para pengendara lain, sebenarnya asap tebal seperti itu juga mencemarkan udara, dan itu juga merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan mesin kendaraan Anda. Anda perlu mengetahui mengenai hal ini:

Asap tebal dan hitam yang timbul dari knalpot ketika kendaraan Anda digas biasanya timbul karena rembesan oli yang berasal dari karter yang mengalir ke ruang bakar.

Tetapi rembesan oli ini belum tentu diakibatkan oleh piston atau ring silinder yang sudah aus.

Anda juga harus memeriksa bagian di antara batang katup dengan bosnya, karena bisa saja ternyata bagian ini yang sudah aus.

Untuk mencegah kerusakan yang parah seperti kemungkinan terjadinya turun mesin, sebaiknya periksa dulu bagian yang rusak dengan compression tester.

Jika alat tersebut tidak ada, periksa dengan cermat seluruh komponen mesin, baik silinder maupun kepalanya. Setelah diketahui komponen yang aus, baru dilakukan penggantian.


Tips merawat engine cut-off sepeda motor

Jika engine cut-off kotor, maka akibatnya mesin motor tidak mau menyala, sebab energi setrum tidak bisa bekerja. Biasanya hal itu bukan disebabkan oleh busi, koil, sepul ataupun CDI.

Seperti Honda Tiger, Suzuki Shogun, Tornado dan Satria, motor-motor ini memakai engine cut-off. Agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, berikut ini tips yang dapat Anda lakukan menyangkut engine cut-off:

Rajin-rajinlah merawat sakelar cut-off. Kalau terlanjur basah, sakelarnya mesti dibersihkan. Jangan ditelantarkan.

Gejala awal dari ketidakberesan engine cut-off adalah mesin mati secara tiba-tiba. Hal ini bisa saja disebabkan karena sakelarnya tidak tersentuh. Ini mungkin disebabkan karena piranti ini penuh dengan debu dan kotoran atau kotoran gram (serpihan logam).