Bila Busi Vespa Ngadat, Lakukan Hal Ini

Bila Busi Vespa Ngadat, Lakukan Hal Ini

BIBLIOTIKA - Anda penggemar Vespa atau Vespa mania? Pasti tahu apa penyakit motor yang tak lekang oleh zaman ini. Meski rata-rata pengendara Vespa ini tahu apa penyakit Vespa, keadaan itu tidak mengurangi kegemaran terhadap motor asal Italia ini.

Punya Vespa tentu harus siap dengan problem dadakan yang kerap muncul. Itu sebabnya pengendara Vespa harus pandai mengatasi problem itu. Jika dalam perjalanan mengendarai Vespa ini Anda menemui kendala, apalagi mogok, tak usah bingung. Yang penting dilakukan adalah tetap tenang.

Selalu siapkan kebutuhan dadakan Vespa seperti kunci, ampelas, isolasi dan perapat (sealer). Jika mogok di jalan, langkah pertama adalah mengamankan posisi motor Anda. Kemudian buka penutup bodi samping kanan. Periksa bagian yang mengalami kerusakan.

Mogok itu bisa disebabkan karena masa pakainya sudah lama, atau materialnya mengalami regas. Mogok juga bisa disebabkan adanya air yang menyusup ke piranti perapian sehingga proses pembakaran jadi terganggu. Jika kepala busi pecah, berikut ini yang perlu dilakukan:
  1. Keadaan kepala busi pecah kemungkinan disebabkan efek panas yang ditimbulkan oleh busi. Bukalah kepala penutup busi dari busi.
  2. Beri sealer pada bagian yang retak. Tunggu beberapa saat, sampai kering.
  3. Sementara menunggu kering, periksa selang karet pelindung kabel busi. Jika koyak, olesi menggunakan likuid perapat serupa. Lakukan secara merata pada semua bagian. Diamkan beberapa menit hingga mengering.
  4. Telitilah bagian sambungan, antara kabel koil dan kepala penutup busi. Pastikan daerah itu terlindung dengan baik.
  5. Bila tampak telanjang, Anda bisa melapisinya dengan sealer tadi hingga merata.
  6. Bersihkan busi dan kerak. Jika basah, lap hingga kering.
  7. Pasangkan kembali busi pada tempatnya semula.
  8. Jika sudah kering, bungkus dengan isolasi pada bagian yang sudah diberi sealer, agar tidak ada lagi celah untuk air menyelinap ke ruang piranti pengapian ini.
  9. Kemudian sambung lagi kabel busi dengan kepalanya, lalu tancapkan di busi.