9 Macam Noda Pakaian, dan Cara Mengatasinya

 9 Macam Noda Pakaian, dan Cara Mengatasinya

BIBLIOTIKA - Seringkali, tanpa sengaja, baju yang kita kenakan terkena noda-noda tertentu yang tidak kita inginkan. Dalam pesta, baju kita bisa saja tertumpah minuman kopi. Saat bekerja di kantor, bisa saja pakaian kerja kita terkena noda tinta. Atau di saat duduk di tempat tertentu, bisa saja tanpa sengaja kita menduduki permen karet bekas yang kemudian menempel di baju kita dan meninggalkan noda di sana.

Nah, untuk mengatasi berbagai macam noda yang bisa saja menghinggapi pakaian kita tersebut, berikut ini adalah tips-tips untuk membersihkan aneka macam noda.

Noda tinta:

Hapuslah noda tinta itu dengan alkohol, hair spray, atau aseton (penghilang cat kuku) sampai basah. Setelah itu bilas dengan air, kemudian gosokkan deterjen pada bagian noda tersebut. Setelah itu, cuci seperti biasa.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan gliserin. Caranya, gosokkan gliserin pada noda, kemudian dicuci.

Noda kunyit:

Noda ini bisa dihilangkan dengan cara menggosok-gosokkan kapur sirih pada pakaian yang terkena noda tersebut. Setelah dicuci dengan air bersih, letakkan di bawah sinar matahari. Tunggu beberapa jam, maka noda kunyit itu pun akan hilang dari pakaian.

Noda karat besi:

Noda karat besi pada pakaian dapat dihilangkan dengan menggunakan jeruk nipis dan garam. Caranya, peraslah jeruk nipis dan ambillah airnya. Campurkan garam ke air perasan jeruk nipis tadi hingga menjadi campuran yang kental. Lalu semirkan campuran itu pada titik-titik karat di baju, lalu gosok perlahan-lahan dan setelah itu jemurlah di bawah panas matahari.

Apabila noda karat besi di baju itu belum hilang, ulangi resep di atas hingga beberapa kali.

Noda bekas permen karet:

Biasanya, permen karet yang terlanjur lengket di kain pakaian akan menjadi sulit dilepaskan dan meninggalkan noda yang lama hilangnya. Untuk menanggulangi hal semacam itu, gunakan spiritus.

Gosokkan spiritus pada bagian baju yang terkena noda permen karet. Jika terlihat masih kotor dan noda itu belum terangkat, bersihkan lagi dengan air hangat yang dicampur dengan sabun. Selanjutnya bilas sampai bersih.

Noda cat kuku:

Waktu sedang mewarnai kuku, tak jarang baju yang dikenakan ikut terkena noda cat kuku. Untuk mengatasi hal itu, gunakan aseton (penghapus cat kuku) bila baju yang terkena noda itu berwarna putih. Sedang untuk baju yang berwarna selain putih, guakan amil asetat (minyak pisang). Kemudian cuci sampai bersih. Apabila noda cat kuku tersebut belum hilang sampai bersih, ulangi langkah tadi.

Noda hitam:

Noda-noda hitam pada pakaian ini biasanya timbul kalau baju yang kita gunakan terkena keringat namun langsung disimpan atau tidak diangin-anginkan terlebih dulu. Atau, bisa pula noda-noda hitam itu muncul karena baju yang tengah dijemur kita angkat ketika masih cukup basah dan belum kering benar.

Untuk menghilangkannya, buatlah campuran salmaniak 1 sendok makan dicampur dengan 3 sendok makan air. Kemudian basahilah pakaian yang memiliki noda-noda hitam itu dengan campuran tersebut. Setelah itu dijemur dan biarkan sampai kering. Setelah kering, cucilah sampai bersih.

Noda setrika yang hangus:

Ini biasanya terjadi kalau kita tanpa sengaja meninggalkan setrika panas di atas baju kita. Atau bisa pula setrika yang kita gunakan telah mencapai panas yang terlalu tinggi. Karena terlalu menahan panas, akibatnya setrika itu pun meninggalkan noda hangus pada baju kita.

Untuk mengatasi noda hangus akibat setrika, Anda bisa menggunakan larutan boraks 2 persen dan waterstof peroksida 3 persen yang hangat. Selain itu dapat juga digunakan larutan kalium permanganat 2 persen, kemudian waterstof peroksida 3 persen. Setelah itu bilaslah dengan air bersih.

Noda kopi atau teh:

Untuk mengatasinya, cuci saja noda teh atau kopi tersebut seperti biasa. Namun bila teh atau kopi yang tumpah pada baju Anda itu tercampur dengan krim atau susu, maka noda di baju tersebut harus dihilangkan dengan cara mencucinya di air panas yang dicampur dengan pemutih khlorine.

Noda lemak atau minyak:

Untuk noda yang masih baru, Anda bisa membersihkannya dengan cara menggosoknya memakai bedak atau kapur. Setelah itu disikat hingga noda minyak di pakaian menjadi hilang atau bersih.

Sedang untuk noda yang sudah lama dan mengendap di serat bahan pakaian Anda, gosoklah bagian yang terkena noda tersebut dengan deterjen, lalu cucilah dengan air panas yang telah dicampur dengan pemutih.