7 Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari

 7 Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari

BIBLIOTIKA - Berikut ini adalah 5 tips praktis yang bisa jadi Anda perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Lima tips praktis berikut ini meliputi cara membuat obat merah darurat saat terluka, cara menghilangkan bau tembakau, cara mudah membuat lem, cara menyimpan vaksin di pohon pisang, dan cara agar puding agar-agar kembali lezat. Semoga bermanfaat.


Cara membuat obat merah darurat

Biasanya Anda pasti akan segera mencari obat merah kalau pas salah satu anggota keluarga Anda ada yang terluka karena mengalami kecelakaan kecil seperti kena pisau, silet, dan lain-lain yang mengakibatkan keluarnya darah. Nah, kalau pas kebetulan di rumah Anda tidak tersedia obat merah dan Anda harus segera menolong keluarga Anda, ambil saja daun petai Cina yang masih muda, karena bisa berfungsi untuk menghentikan pendarahan.

Caranya, ambil beberapa helai daun petai Cina, cuci hingga bersih, lalu dikunyah-kunyah. Setelah halus, oleskan pada bagian yang terluka. Dengan ramuan sederhana ini, luka akan cepat mengering dan darah pun dengan cepat berhenti.


Tips praktis menghilangkan bau tembakau

Jaman sekarang harga rokok semakin hari semakin mahal. Karena itulah kemudian banyak orang (khususnya para perokok) yang menyiasati hal ini dengan cara membuat rokok sendiri dengan membeli tembakau timbangan.

Tetapi merokok hasil buatan sendiri ini biasanya aroma tembakaunya tidak enak, dan juga agak apek. Nah, agar bau apeknya itu tidak terlalu menyengat, cobalah pakai cara berikut ini.

Taburkan kopi bubuk di atas tembakau yang Anda simpan di plastik. Dengan taburan kopi itu, tembakau yang Anda miliki pun akan menjadi harum dan rasanya menjadi gurih. Praktis, bukan? Kenapa tidak dicoba saja?


Tips dan cara mudah membuat lem

Waktu Anda membeli alat-alat elektronik, semisal televisi, tape recorder, radio atau komputer, biasanya ada gabus yang digunakan untuk membungkus alat-alat tersebut. Gabus-gabus berwarna putih ini biasanya tidak terpakai lagi begitu alat-alat elektronik tersebut kita gunakan. Daripada dibuang percuma, manfaatkan saja gabus-gabus itu untuk dijadikan lem yang serbaguna.

Caranya, potong-potonglah gabus itu dalam ukuran yang kecil-kecil, kemudian campurkan dengan bensin (kira-kira ¼ liter) dalam sebuah wadah. Gabus-gabus itu akan larut dalam bensin, dan larutan itu bisa kita gunakan untuk lem buat menambal sepatu, seng yang berlubang, ban sepeda yang bocor, dan lain-lain.


Tips menyimpan vaksin di pohon pisang

Vaksin ayam (pestose, sotasec, dan lain-lain) bisa disimpan di dalam kulkas dengan suhu antara 2 sampai 8 derajat Celsius. Namun, bagi Anda yang kebetulan belum memiliki kulkas atau lemari es, Anda bisa menyimpan vaksin tersebut di pohon pisang. Mau tahu caranya?

Caranya mudah, ikuti saja petunjuk di bawah ini:
  1. Buatlah lubang pada pohon pisang sesuai dengan ampul / botol vaksin yang akan disimpan.
  2. Masukkan vaksin pada lubang tersebut.
  3. Tutuplah yang rapat lubang itu dengan potongan batangan pisang.
  4. Ikat tutup lubang dengan tali rafia supaya tidak lepas.


Tips agar puding agar-agar kembali lezat

Puding agar-agar biasanya akan cepat menjadi basi apabila tidak langsung dimakan. Untuk menghindari hal semacam itu, maka masaklah kembali puding agar-agar itu dengan menambahi sedikit sumba kue, atau perasan daun suji dan sedikit gula. Cairkan sampai mendidih, lalu cetak kembali dengan loyang dalam bentuk lain.

Mudah, bukan...?