50 Penemuan Otomotif Paling Bersejarah (Bagian 1)

50 Penemuan Otomotif Paling Bersejarah

BIBLIOTIKA - Tahukah Anda, sepanjang sejarah sejak diciptakannya kendaraan bermotor (sepeda motor ataupun mobil), telah ditemukan 50 perangkat perlengkapan berkendara yang dianggap sebagai penemuan paling bersejarah sekaligus paling bermanfaat dalam melengkapi kendaraan serta berguna untuk keselamatan manusia pengendaranya.

Majalah Auto Express terbitan Inggris menyusun 50 penemuan paling berpengaruh tersebut dalam urutan rangking sesuai dengan kegunaan atau manfaatnya. Berikut ini adalah daftar 50 penemuan otomotif paling bersejarah tersebut.

Nomor 50:
Cruise Control ~ ditemukan pada tahun 1950


Perangkat ini ditemukan di Amerika, didesain untuk menjaga kecepatan mobil agar selalu konstan saat melaju di jalanan yang lurus dan panjang-panjang.

Nomor 49:
Sensor Parkir ~ ditemukan pada tahun 1990


Alat ini adalah semacam sensor ultrasonik yang akan mendeteksi objek dan membunyikan alarm atau tanda apabila jaraknya terlalu dekat.

Nomor 48:
Run-Flat Tyre ~ ditemukan pada tahun 1977


Perangkat ini dipelopori oleh perusahaan Dunlop Denovo, dan pertama kali dipakai pada Rover P6, V8 dan Mini 1275 GT. Idenya adalah menggantikan pemakaian ban cadangan. Dengan menggunakan perangkat ini, mobil akan tetap dapat berjalan meski bannya dalam keadaan kempes.

Nomor 47:
Cup Holder ~ ditemukan pada tahun 1960


Perangkat ini dikenal pertama kali di Amerika Serikat, dan kemudian digunakan di semua kendaraan di seluruh dunia.

Nomor 46:
Lampu Xenon ~ ditemukan pada tahun 1993


Lampu ini memiliki sinar yang lebih terang dibanding dengan lampu halogen meski jumlah watt yang dibutuhkannya lebih kecil. Sinar lampu ini berwarna kebiru-biruan dan lebih menyebar dibanding dengan lampu kendaraan biasa yang banyak dipergunakan.

Nomor 45:
Voice Activation ~ ditemukan pada tahun 1990


Ini adalah perangkat yang bisa disebut sebagai mobil pintar, dimana mobil yang dikendarai tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi saja. Teknologi ini pertama kali dipelopori oleh Mercedes Benz.

Nomor 44:
Limited-Slip Differential ~ ditemukan pada tahun 1960


Ini adalah perangkat yang menjadi cikal-bakal kontrol traksi dalam kendaraan. Fungsinya adalah untuk memberikan keseimbangan putaran pada dua roda penggerak dalam satu poros, untuk meningkatkan traksi dan mencegah selip selama berkendara.

Nomor 43:
Hidden Aerial ~ ditemukan pada tahun 1990


Antena kendaraan yang konvensional dianggap rentan dengan kerusakan akibat benturan serta sering menjadi incaran tangan-tangan jahil. Menjawab masalah ini, ditemukanlah hidden aerial atau antena tersembunyi yang tentu jauh lebih aman dibanding antena konvensional.

Untuk menyiasati lemahnya sinyal antena, biasanya digunakan dua antena; yang satu dipasang di bagian kaca, mirip anti kabut (defogger), dan yang kedua berfungsi sebagai penguat sinyal radio.

Nomor 42:
Pemanas Jok ~ ditemukan pada tahun 1972


Piranti ini diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan otomotif SAAB, khususnya untuk jok sopir. Dalam perkembangannya kemudian, dirancang pula kursi untuk penumpang, lengkap dengan setelan suhu otomatisnya.

Nomor 41:
Solid Folding Convertible Top ~ ditemukan pada tahun 1930


Solid folding convertible top, atau atap konvertibel solid, dipakai pertama kali pada mobil Peugoet 402. Piranti ini kemudian dipakai pula pada kendaraan lain, semisal Mercedes dan beberapa kendaraan mewah lain.

Nomor 40:
Velg Alloy ~ ditemukan pada tahun 1950


Velg alloy adalah velg yang terbuat dari logam paduan (alloy). Velg jenis ini lebih ringan, lebih kuat dan memberikan kestabilan pengendalian pada kendaraan. Velg jenis ini diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan Bugatti.

Nomor 39:
Satelit Navigasi ~ ditemukan pada tahun 1990


Di negara-negara maju, keberadaan piranti ini sangat membantu pengendara dalam mencapai tempat tujuannya dan mendeteksi posisi mobil. Dalam perkembangannya, satelit navigasi ini kemudian tidak hanya memberikan informasi jalan raya, tetapi juga informasi lainnya seperti hotel di kota terdekat, dan pelayanan reservasinya.

Nomor 38:
Sunroof ~ ditemukan pada tahun 1930


Dulu, kendaraan biasanya tidak memiliki atap permanen hingga pengendara seringkali merasa terganggu apabila matahari bersinar dengan sangat terik. Penemuan sunroof atau atap penghalau sinar matahari ini kemudian menjadikan berkendara menjadi lebih nyaman karena meski berkendara di siang hari panas pun sang pengendara tidak terlalu merasakannya karena terlindung atap.

Nomor 37:
Maintenance-Free Battery ~ ditemukan pada tahun 1970


Dengan piranti ini, diharapkan para pemilik kendaraan tidak perlu lagi menambahkan air accu, karena meski tetap menggunakan sel basah, accu maintenance free ini dibuat bersegel rapat dan mampu mencegah penguapan cairan elektrolit (air accu). Perkembangan teknologi kemudian memungkinkan sebuah accu modern yang tahan sampai lima tahun.

Baca lanjutannya: 50 Penemuan Otomotif Paling Bersejarah (Bagian 2)