5 Tips Seputar Perawatan Kamar Mandi

  5 Tips Seputar Perawatan Kamar Mandi

BIBLIOTIKA - Tahukah Anda, belimbing wuluh atau belimbing sayur yang sudah tua dapat dijadikan sebagai bahan untuk membersihkan kamar mandi. Karenanya, kalau Anda ingin membersihkan lantai kamar mandi Anda dengan cara yang mudah, Anda bisa menggunakan resep ini.

Caranya, hancurkan belimbing wuluh yang sudah tua, kemudian sebarkan di lantai kamar mandi. Biarkan selama semalam, kemudian keesokan harinya bersihkan belimbing wuluh itu, dan guyur lantai dengan air bersih.

Dengan cara ini, kotoran-kotoran yang menempel pada lantai kamar mandi akan luruh, dan kamar mandi Anda senantiasa bersih.


Kiat membersihkan lantai kamar mandi

Karena sering terkena air, kamar mandi pun menjadi lembap. Akibatnya, kerak serta lumut mudah tumbuh dan berkembang biak. Ketika kerak telah semakin banyak, kamar mandi pun jadi terlihat kotor, kusam dan kecokelatan. Tidak sedap dipandang, bukan? Untuk mengatasinya, silakan ikuti tips berikut.

Gosoklah kerak yang ada berkali-kali dengan menggunakan batu apung dan air sabun, kemudian dibilas dengan air bersih.

Untuk membersihkan kerak yang ada di bagian dinding kamar mandi, basahilah dinding tersebut dengan air, kemudian taburkan citrunzuur (asam nitrat). Tunggu sampai sekitar satu jam, kemudian disikat. Setelah itu siram dengan air bersih, dan bilas sampai benar-benar bersih kembali.

Catatan: Citrunzuur bisa diperoleh di toko-toko bahan pembuat kue.


Tips membersihkan lumut pada kamar mandi

Lumut atau algae, seringkali menghinggapi dinding atau lantai kamar mandi. Hal ini terjadi, karena daerah kamar mandi termasuk lembap, sehingga lumut dapat hidup serta tumbuh dengan baik akibat keadaan yang kondusif.

Untuk mengatasi dan menghilangkan lumut di dinding atau lantai kamar mandi, Anda bisa menggunakan batu bata merah.

Caranya, gosokkan bata merah pada lantai yang ditumbuhi lumut secara merata, kemudian bilaslah dengan air. Lantai atau dinding kamar mandi Anda pun akan bersih kembali.


Cara mengatasi saluran pembuangan air yang tersumbat

Kamar mandi merupakan sumber buangan air yang cukup banyak setiap harinya, dan air tersebut harus terbuang dengan lancar ke saluran pembuangan. Apabila saluran air kamar mandi tersumbat, maka air tidak dapat mengalir ke saluran got, dan ini mengindikasikan bahwa saluran air tersebut tersumbat. Untuk mengatasinya, lakukan saran berikut.

Taburkan soda api pada saluran pembuangan air yang tersumbat. Biarkan selama satu malam. Kemudian, keesokan harinya, bilas dengan air, hingga kotoran yang menyumbat saluran tersebut dapat terkikis habis.


Tips mengatasi septic tank yang penuh

Septic tank merupakan bak penampungan tinja. Fungsi bak ini tentu saja sangat vital dalam sebuah rumah. Septic tank yang sudah penuh biasanya dibongkar untuk dikuras. Namun, jika karena suatu hal Anda belum bisa melakukan pengurasan, Anda bisa melakukan tips berikut.

Masukkan cairan pengurai tinja ke dalam kloset. Cairan ini dapat dibeli di toko-toko besi atau bahan bangunan. Cairan ini mengandung berbagai jenis mikroba, yang dapat mengurai tinja. Bakteri pengurai ini akan menjadikan volume tinja akan menyusut, dan septic tank tidak akan penuh lagi.