5 Tanaman yang Membantu Mengusir Nyamuk

5 Tanaman yang Membantu Mengusir Nyamuk

BIBLIOTIKA - Nyamuk adalah binatang yang bisa dikatakan sering ada di rumah-rumah mana pun. Karenanya, pada saat ini telah muncul berbagai produk obat anti nyamuk, dari yang berbentuk bakar, semprot, krim, dan lain-lain.

Yang menjadi masalah, ada orang-orang yang merasa tidak nyaman dengan bau obat anti nyamuk semacam itu, sehingga penggunaan obat anti nyamuk bakar atau semprot dirasa kurang efektif. Nah, jika Anda termasuk yang begitu, ada cara yang lebih bagus dan lebih alami yang bisa Anda lakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda, yaitu dengan menanam tumbuh-tumbuhan tertentu.

Ada jenis tanaman-tanaman tertentu yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, sehingga Anda tinggal meletakkan tanaman ini di sudut rumah atau kamar Anda, dan nyamuk pun tidak akan datang mengganggu.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, berikut ini daftar nama tanamannya.

Akar wangi

Tumbuhan ini dapat mengendalikan populasi nyamuk demam berdarah, karena nyamuk jenis tersebut sangat takut dengan tumbuhan akar wangi. Bau khas yang keluar dari tumbuhan akar wangi cukup mematikan untuk jenis nyamuk tersebut.

Lavender

Tumbuhan ini sering sekali digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Bunga lavender memiliki aroma yang harum dan khas. Jika Anda menginginkannya, Anda cukup menggosokkan bunga lavender ini ke tubuh Anda, dan nyamuk pun tidak akan mendekat pada Anda.

Suren

Kalau di rumah Anda memiliki halaman yang cukup luas, ada baiknya kalau Anda menanam tumbuhan ini. Tanaman suren terbukti sangat ampuh dalam mengusir nyamuk, bahkan hama serangga tanaman. Tumbuhan ini mampu tumbuh hingga sangat tinggi, dan memiliki kulit kayu yang beraroma tajam.

Geranium

Ini adalah sejenis tanaman perdu yang memiliki aroma yang cukup harum tetapi tidak disukai serangga, termasuk nyamuk. Hal ini karena tanaman geranium memiliki kandungan zat geraniol dan sitronelol yang bersifat antiseptik. Di samping memiliki khasiat mengusir nyamuk, tanaman geranium juga bisa menjadi penghijau ruangan atau rumah Anda. Tanaman ini memiliki bentuk yang indah, sehingga bisa dijadikan sebagai tanaman hias di rumah.

Selasih

Tanaman ini juga dipercaya dapat mengusir serangga, termasuk nyamuk, karena mengeluarkan aroma yang cukup tajam. Selasih sangat cocok berada di dalam rumah. Dengan meletakkanya di dalam rumah, nyamuk-nyamuk pun akan segera pergi menyingkir.