20 Tips agar Selamat Saat Berkendara di Jalan Raya

20 Tips agar Selamat Saat Berkendara di Jalan Raya

BIBLIOTIKA - Di kota-kota besar semacam Jakarta, macet di jalan raya adalah hal yang biasa terjadi sehari-hari. Karenanya, mengendarai mobil di kota-kota kecil yang relatif jarang macet lebih terasa nyaman dibanding di kota-kota besar yang terbiasa macet.

Berikut ini adalah tips-tips untuk keselamatan dan keamanan selama berkendara, khususnya saat berkendara di kota-kota besar yang terbiasa macet.
  1. Selalu dengarkan siaran radio yang meliput arus lalu lintas dan berita aktual.
  2. Hindari simpang-simpang jalan yang potensial macet.
  3. Selalu kunci pintu dan jendela kendaraan dengan baik.
  4. Siapkan uang receh untuk persiapan pada simpang atau putaran jalan, yang biasanya terdapat banyak orang peminta-minta. Perhatikan situasi di sekitar jika ingin memberikan uang. Jangan buka kaca terlalu lebar.
  5. Beri jarak cadangan minimal satu meter terhadap kendaraan di depan Anda. Jika dalam keadaan terpaksa, bisa Anda gunakan untuk meloncat.
  6. Periksa dulu persediaan bahan bakar Anda. Isilah jika sudah setengah tangki, untuk mengantisipasi jika terjebak kemacetan. Juga periksa air radiator dan accu.
  7. Hindari keluar malam jika tidak penting.
  8. Jika Anda memakai telepon selular, pastikan kondisi baterai dalam keadaan baik dan cukup.
  9. Jika terjebak dalam kemacetan, selalu awasi sekitar Anda. Jika melihat orang yang mencurigakan mendekat, bunyikan klakson untuk mencari perhatian pengemudi atau penumpang kendaraan lain.
  10. Jangan berhenti jika disenggol oleh motor atau mobil yang mencurigakan. Lebih baik teruskan sampai tempat yang aman dan ramai masyarakat umum. Sering terjadi jebakan oleh orang yang pura-pura tersenggol, tetapi kemudian menodong atau merampok.
  11. Siapkan minuman dan makanan kecil di kendaraan Anda, untuk persiapan jika terjebak macet total.
  12. Khusus untuk wanita, siapkan topi dan kaca mata hitam untuk menyamarkan penampilan Anda saat berkendara. Jika memungkinkan, hindari bepergian sendirian.
  13. Jika Anda sudah mendengarkan berita kerusuhan dan kemacetan pada jalur Anda, lebih baik mencari tempat aman untuk menunggu sampai keadaan menjadi aman. Jangan memaksa melewati daerah-daerah berisiko.
  14. Jika keadaan macet dan terjebak sementara ada massa mendekat, segera tinggalkan kendaraan Anda dan kunci pintu / jendelanya.
  15. Jangan membawa barang yang mencolok atau berlebihan karena akan menjadi sasaran kejahatan.
  16. Jangan memakai perhiasan yang mencolok mata. Tinggalkan kartu kredit, ATM yang dirasa tidak perlu, jika Anda berencana melewati tempat-tempat rawan.
  17. Jangan meletakkan telepon selular, dompet atau benda berharga lain pada tempat yang mudah terlihat dari luar kendaraan.
  18. Hubungi teman-teman yang kira-kira tahu kondisi jalur yang akan Anda lewati.
  19. Jangan menyebarkan berita yang tidak jelas sumber dan kebenarannya.
  20. Berdoalah setiap hari, memohon perlindungan Tuhan sepanjang hari Anda.