Vitamin-vitamin untuk Menambah Energi

Vitamin-vitamin untuk Menambah Energi

BIBLIOTIKA - Dalam upaya mendapatkan energi tambahan, misalnya untuk berolahraga, banyak orang mengonsumsi suplemen atau produk yang diklaim dapat memberikan energi ekstra. Namun, sebenarnya, suplemen tidak memberikan energi secara langsung, karena tidak mengandung kalori. Sedangkan produk-produk penambah energi sering kali mengandung bahan kimia yang belum tentu baik untuk kesehatan, khususnya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Cara yang lebih baik untuk mendapatkan energi ekstra adalah dengan mengonsumsi vitamin yang tepat. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang mudah larut dalam air, sehingga—ketika dikonsumsi—tidak disimpan dalam tubuh. Hasilnya, Anda pun mendapatkan tambahan energi yang dibutuhkan.

Vitamin B2

Vitamin B2, atau disebut pula riboflavin, membantu proses pertumbuhan, metabolisme karbohidrat, dan produksi sel darah merah. Kekurangan vitamin B2 bisa menyebabkan anemia, sakit tenggorokan, dan selaput lendir tebal di tenggorokan. Vitamin B2 bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, telur, dan biji-bijian.

Vitamin B3

Vitamin B3, atau disebut pula niacin, adalah vitamin penting dalam metabolisme karbohidrat dan lemak dalam siklus asam sitrat, yang merupakan salah satu langkah dalam produksi energi. Kekurangan vitamin B3 bisa menyebabkan diare, radang selaput lendir, dan delusi. Meski begitu, kelebihan mengonsumsi vitamin B3 juga tidak baik, karena dapat menyebabkan kerusakan hati, kulit kering dan gatal, serta gangguan pencernaan.

Vitamin B3 bisa didapatkan dari susu atau produk susu, daging tanpa lemak, telur, dan biji-bijian.

Vitamin B6

Vitamin B6 berfungsi sebagai ko-enzim untuk banyak enzim lain dalam tubuh, yang bertugas dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B6 dari berbagai jenis sayuran, kacang-kacangan, pisang, dan daging.

Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan kerusakan saraf perifer dan anemia, sementara terlalu banyak mengasup vitamin B6 bisa menyebabkan gangguan proprioception, yaitu kemampuan otak dalam mengetahui di mana bagian tubuh Anda sebenarnya.

Biotin

Biotin adalah salah satu jenis vitamin B yang penting dalam metabolisme karbohidrat dan lemak, serta menghilangkan karbondioksida dari tubuh selama berolahraga. Vitamin ini juga membantu mempertahankan kadar gula darah tetap stabil.

Kekurangan biotin bisa menyebabkan masalah rambut rontok, dan ruam pada wajah atau bagian genital. Anda bisa mengasup biotin dari telur, hati, dan berbagai jenis sayuran.