Vitamin-vitamin untuk Jantung Sehat

Vitamin-vitamin untuk Jantung Sehat

BIBLIOTIKA - Cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung adalah rajin berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat. Selain itu, makanan-makanan yang dikonsumsi juga harus ramah jantung, atau tidak berbahaya untuk kesehatan jantung. Untuk menunjang hal tersebut, Anda juga bisa memperhatikan vitamin-vitamin berikut ini, yang merupakan vitamin-vitamin penting penunjang jantung sehat.

Vitamin B

Darah di dalam tubuh kita memiliki asam amino bernama homosistein yang dapat mengurangi aliran darah melalui pembuluh darah, dan menginduksi sel yang menggumpal. Hal itu pada gilirannya bisa menciptakan blok di arteri dan vena, yang berdampak terjadinya serangan jantung.

Vitamin B bisa membantu mengatasi hal tersebut, karena dapat mengurangi tingkat homosistein dalam darah. Kandungan asam folat, vitamin B6 dan B12 yang terdapat dalam vitamin B secara tidak langsung mengurangi risiko serangan jantung.

Vitamin E

Berdasarkan penelitian, vitamin E bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40 persen. Vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang melindungi darah dari timbunan lemak, menurunkan kolesterol jahat, dan membantu mempertahankan kolesterol baik sehingga menghindari lemak menggumpal di arteri, dan menjadikan aliran darah lebih lancar. Vitamin E terdapat pada bayam, kacang-kacangan, biji-bijian, merica, minyak zaitun, jagung, dan lainnya.

Vitamin D dan magnesium

Vitamin D (kalsium) serta magnesium mengandung zat CoQ10 atau Coenzyme Q10 yang membantu menjaga kesehatan jantung, mengatur detak jantung tetap stabil, serta membantu mempertahankan tekanan darah, dan menjaga jantung tetap sehat.

Omega-3

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon, makerel, sarden, atau tuna, memiliki manfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Karenanya, pasien dengan penyakit jantung disarankan untuk mengonsumsi suplemen itu secara teratur. Pasien dengan trigliserida tinggi juga baik mengonsumsi asam lemak omega-3 untuk menjaga jantung tetap sehat.