Tips Sehat Menikmati Daging Panggang

 Tips Sehat Menikmati Daging Panggang

BIBLIOTIKA - Siapa yang tak tergoda dengan kelezatan barbacue atau daging panggang? Menghirup aromanya saja bisa membuat kita tiba-tiba merasa lapar. Kenyataannya banyak orang menyukai daging panggang, karena enak dan mengenyangkan. Namun, jika kita keliru mengolahnya, kenikmatan daging panggang bisa menimbulkan masalah kesehatan. Untuk menghindarinya, berikut ini tip aman menyantap daging panggang yang bisa diperhatikan.

Pilih daging dengan bijak

Yang pertama harus dilakukan adalah memilih daging yang akan dipanggang. Hindari memanggang daging tinggi lemak, seperti tulang iga dan sosis. Sebaiknya, pilihlah daging tanpa lemak, agar lebih sehat. Yang juga perlu diperhatikan, lemak yang terjatuh dalam pembakaran akan menambah besar api, yang membuat daging cepat hangus.

Gunakan bumbu


Selain menambah cita rasa daging, bumbu-bumbu yang digunakan untuk mengolah daging panggang juga membantu mengurangi kesempatan terbentuknya senyawa yang berbahaya.

Kurangi waktu memanggang

Sebelum dipanggang, sebaiknya olahlah daging sampai setengah matang, baru setelah itu dipanggang. Hal itu bisa menghemat waktu pemanggangan, dan lebih sehat. Membakar daging terlalu lama bisa membentuk senyawa berbahaya.

Potong dalam ukuran kecil

Memotong daging dalam ukuran kecil dan tipis akan membuat daging lebih cepat matang secara merata, daripada jika potongan daging berukuran besar atau tebal. Selain itu, untuk menghindarkan daging hangus, jangan lupa untuk sering membolak-baliknya.

Pertimbangkan sayuran

Sangat baik menikmati daging panggang bersama sayuran. Selain memberi asupan antioksidan bagi tubuh, sayur atau buah juga bisa berfungsi dalam mengimbangi kadar lemak dari daging yang Anda konsumsi.