Tips Menu Makan Sehat

 Tips Menu Makan Sehat

BIBLIOTIKA - Selain menjalani gaya hidup sehat, menjaga pola makan yang sehat adalah hal penting dalam menjaga kesehatan serta menjauhkan serangan penyakit. Namun, akibat kesibukan dan berbagai aktivitas sehari-hari yang menuntut banyak waktu, energi, serta pikiran, pola makan sehat kadang sulit terjaga. Bersama kesibukan yang nyaris tanpa henti, kadang kita pun mengonsumsi makanan-makanan yang bisa dibilang tidak sehat, demi menghemat waktu.

Sebenarnya, menjaga pola makan sehat tidak sesulit yang mungkin kita bayangkan. Ada cukup banyak variasi menu makanan sehat yang mudah dibuat, dan tidak menghabiskan banyak waktu dalam menyiapkannya. Berikut ini adalah tip menu makan sehat yang bisa Anda coba. Tip menu makan berikut ini memasukkan serat, protein, dan zat gizi lainnya, yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh dan otak.

Makan pagi

Makan pagi atau sarapan memberikan asupan energi bagi Anda untuk melakukan aktivitas dan kesibukan hingga tengah hari. Menu sarapan sebaiknya seimbang, meliputi kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak. Protein dan lemak akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, serta mampu meningkatkan konsentrasi yang Anda butuhkan selama bekerja.

Menu sarapan yang baik dan sehat meliputi:

Karbohidrat kompleks, seperti oatmeal atau roti gandum.

Telur, karena mengandung protein berkualitas baik, serta mengandung vitamin dan mineral esensial yang baik untuk perkembangan otak.

Susu, atau satu sendok makan minyak ikan.

Makan siang

Anda bisa menjadikan salad sebagai bagian menu makan siang yang sehat. Salad mudah dibuat, dan memiliki nutrisi cukup banyak. Selain kaya nutrisi, salad juga mengandung serat yang baik untuk metabolisme tubuh, serta membuat tubuh lebih segar. Pilih kombinasi sayur berwarna seperti selada, wortel, dan tomat. Atau bisa pula mengganti mayonais sebagai dressing dengan saus lemon dan yoghurt.

Makan malam

Untuk menu makan malam sehat, Anda bisa memilih menu ikan atau daging ayam. Kandungan protein dari makanan tersebut lebih banyak, dan rasanya juga lebih enak. Tambahkan bumbu secukupnya, dan jangan gunakan saus berlemak tinggi.