Tips Meningkatkan Nafsu Makan

 Tips Meningkatkan Nafsu Makan

BIBLIOTIKA - Nafsu makan bisa turun sewaktu-waktu karena berbagai penyebab, dari karena sakit sampai karena stres. Ketika sakit, lidah biasanya terasa pahit, sehingga makanan jadi terasa tidak enak dan menurunkan nafsu makan. Ketika sedang stres, selera makan kadang jadi hilang karena pikiran sedang terbebani oleh masalah.

Bagaimana pun, tubuh kita tetap membutuhkan makanan untuk menghasilkan energi. Karenanya, ketika nafsu makan menurun atau hilang, bukan berarti kita tidak perlu makan sama sekali. Berikut ini tip yang bisa Anda lakukan saat mengalami penurunan nafsu makan.

Makanan yang cantik

Bahkan dalam kondisi sedang nafsu makan pun, tampilan makanan yang buruk atau tidak menarik akan membuat kita kehilangan selera. Kita memang makan dengan tujuan kenyang. Namun dalam proses itu, kita lebih menyukai makanan yang memiliki tampilan cantik atau menarik daripada makanan yang tidak jelas bentuknya.

Ketika nafsu makan Anda menurun, Anda bisa meningkatkannya dengan cara membuat makanan dengan tampilan yang cantik, misalnya dengan warna-warni yang menarik. Sejumlah penelitian telah membuktikan, makanan yang terlihat cantik dapat meningkatkan nafsu makan.

Makanan berbau sedap

Mencium aroma daging yang dipanggang bisa membuat Anda lapar tiba-tiba. Atau, ketika melewati tempat penjual sate, dan mencium aroma bakaran sate, Anda bisa merasa ingin segera makan.

Bau masakan yang sedap memang bisa menggugah selera makan. Karenanya, ketika Anda sedang mengalami nafsu makan yang menurun, Anda bisa meningkatkannya kembali dengan mencari makanan yang Anda sukai, dan membaui aromanya yang menggoda.

Makanan segar

Makanan kedaluwarsa, atau makanan yang sudah berlendir, atau makanan berbau tengik, pasti tidak menerbitkan selera sama sekali, bahkan ketika Anda sedang ingin makan. Sebaliknya, makanan-makanan segar yang masih baru diangkat dari oven, atau makanan yang baru selesai dimasak, lengkap dengan aromanya yang harum, bisa menerbitkan keinginan untuk menikmatinya.

Saat nafsu makan sedang turun, Anda bisa mencoba meningkatkannya dengan makanan-makanan yang benar-benar segar.

Makanan berwarna merah

Bagi penyuka masakan pedas, makanan berwarna merah hasil cabai merah pasti sangat tampak menggoda. Kenyataannya, banyak orang yang nafsu makannya terbit karena melihat makanan atau masakan berwarna merah, karena masakan merah biasanya menyimpan kelezatan.

Anda bisa mencoba meningkatkan nafsu makan Anda dengan cara membuat masakan berwarna merah yang mengundang selera.