Tips Mengoptimalkan Manfaat Air Putih

Tips Mengoptimalkan Manfaat Air Putih

BIBLIOTIKA - Di antara jenis minuman yang lain, air putih adalah minuman universal yang ada di mana-mana, dan dikonsumsi hampir semua orang di dunia. Air putih memang minuman yang paling mudah dibuat, paling gampang diperoleh, serta paling murah. Meski begitu, air putih memiliki beragam manfaat bagi kesehatan peminumnya. Selain menjaga kadar cairan dalam tubuh, air putih juga membantu membersihkan racun-racun dari dalam tubuh.

Berikut ini beberapa tip untuk mengoptimalkan manfaat air putih. Di sela-sela kebiasaan Anda menikmati air putih, tip berikut ini sangat baik pula untuk diikuti.

Setelah bangun tidur

Meminum air putih setelah bangun tidur akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita, karena membantu organ-organ internal lebih aktif. Hasilnya, Anda akan merasa lebih sehat dan lebih bugar.

30 menit sebelum makan

Sangat baik untuk minum air putih sekitar 30 menit sebelum waktu makan, karena dapat membantu pencernaan dan ginjal bekerja lebih optimal. Selain itu, minum air putih sebelum makan bisa membuat Anda cepat kenyang. Hal itu penting bagi Anda yang kebetulan sedang ingin menurunkan berat badan.

20-30 menit setelah makan

Bagaimana biasanya Anda minum setelah makan? Mungkin kebanyakan orang langsung minum air dalam jumlah banyak setelah makan selesai. Sangat baik jika Anda baru minum dalam jumlah banyak setelah 20-30 menit seusai makan. Hal itu akan sangat membantu pencernaan makanan yang baru saja dikonsumsi. Setelah makan selesai, Anda cukup minum beberapa teguk saja sebagai penghilang haus.

Sebelum mandi

Meminum segelas air putih sebelum mandi sore bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Sebelum tidur

Salah satu cara mudah dan murah menghindari stroke dan serangan jantung adalah meminum segelas air putih pada waktu menjelang tidur.