Tips Makan Siang yang Lebih Menyehatkan

 Tips Makan Siang yang Lebih Menyehatkan

BIBLIOTIKA - Makan siang bisa dibilang jadwal wajib semua orang, karena tubuh akan kehilangan banyak energi setelah bekerja setengah harian, hingga kita pun perlu mengonsumsi makanan untuk menyuplai sumber energi baru untuk tubuh. Berikut ini adalah tip seputar makan siang yang lebih baik dan lebih menyehatkan.

Tepat waktu

Ketika waktu makan siang tiba, segeralah makan siang. Hindari menunda-nunda makan siang dengan alasan apa pun, karena dalam jangka panjang hal itu bisa merugikan kesehatan. Terbiasa terlambat makan siang berpotensi menimbulkan penyakit, yang salah satunya maag. Selain itu, terlambat makan siang menjadikan perut semakin lapar. Hasilnya, Anda akan cenderung makan lebih banyak, yang berpotensi menambah berat badan.

Jangan malas bergerak

Karena pekerjaan menumpuk, atau karena memang malas bergerak, banyak orang—khususnya pekerja kantoran—yang makan siang di meja kerjanya. Makan siang di meja kerja adalah salah satu kebiasaan paling tidak sehat. Pertama, meja yang digunakan belum tentu bersih, bahkan riset membuktikan meja kerja kebanyakan kantor sangat kotor. Kedua, tubuh tidak diberi kesempatan untuk bergerak, sehingga peredaran darah kurang lancar.

Daripada makan di meja kerja, sebaiknya bangkitlah dari tempat duduk dan pergi ke kantin atau rumah makan, sehingga tubuh punya kesempatan untuk bergerak setelah setengah harian hanya duduk di belakang meja. Jika Anda membawa bekal dari rumah, makanlah di tempat lain—bisa di tempat makan kantor, di taman, atau di tempat mana pun, yang memungkinkan Anda bangkit dari tempat duduk dan bergerak melangkah.

Bawa bekal

Kalau Anda bekerja di kantor, membawa bekal makan siang dari rumah tidak hanya akan membuat pengeluaran Anda lebih hemat, namun juga makanan Anda lebih sehat. Karena Anda membuat makanan tersebut di dapur rumah Anda sendiri, maka Anda pun tentu sangat berhati-hati dalam mengolah dan memasaknya, bahkan ketika memilih bahan-bahannya. Karenanya, membawa bekal makan siang dari rumah adalah kebiasaan positif. Tidak hanya dalam keuangan, namun juga dalam kesehatan.

Makan di luar

Sesekali tentu saja Anda bisa menikmati makan di luar, di rumah makan atau kafe yang tak jauh dari kantor tempat Anda bekerja. Meski untuk itu berarti Anda harus menyiapkan pengeluaran khusus yang lebih banyak dibanding jika Anda membawa bekal sendiri dari rumah. Selain itu, makan siang di luar tidak menjamin makanannya sesehat makanan yang Anda buat sendiri.