Tips dan Trik Seputar Handphone Symbian (2)

Tips dan Trik Seputar Handphone Symbian

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutn artikel sebelumnya (Tips dan Trik Seputar Handphone Symbian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Cara memformat kartu yang rusak pada handphone

Untuk memulihkan atau mengembalikan kartu memori di handphone apabila terjadi kerusakan seperti MMC Corrupt, cara berikut ini dapat digunakan.

Caranya sangat mudah, yakni cukup dengan masuk ke menu ‘Memory Card’, kemudian klik ‘Option’ dan pilih ‘Format Mem.Card’.

Cara melakukan clear cache dalam memori

Apa yang disebut sebagai ‘cache’ ini adalah data sementara yang diambil ketika kita mengakses sebuah situs seperti ‘Bookmarks’ yang dapat digunakan untuk akses yang lebih cepat ketika kita berkunjung ke situs yang sama. ‘Cache’ ini tersimpan di dalam memori handphone. Karena itu, jika kita mau membersihkannya secara berkala maka akan dapat menghemat memori pada handphone.

Caranya adalah sebagai berikut:

Masuklah ke menu ‘Service’, lalu klik ‘Option’ dan pilih ‘Clear cache’.

Cara membuat alinea baru saat menulis di handphone

Agar proses penulisan SMS menjadi lebih cepat dan tidak melelahkan, kita perlu tahu bagaimana cara membuat alinea baru secara mudah sekaligus cepat. Dengan cara ini maka kita tidak perlu lagi berulang-ulang menekan tombol spasi.

Caranya sangat mudah. Anda hanya cukup menekan tombol angka 0 sebanyak tiga kali. Maka alinea yang baru pun segera terbuka.

Cara melakukan rewind dan fast forward

Untuk handphone-handphone musik seri ’N’, biasanya tidak dilengkapi dengan tombol Rewind dan Fast Forward. Meskipun ini mungkin terkesan sepele, namun tidak adanya tombol-tombol ini bisa membuat kita merasa kesulitan, khususnya kalau sudah terbiasa menggunakan handphone yang telah dilengkapi dengan tombol-tombol tersebut.

Untuk mengatasi hal itu, gunakan saja cara berikut ini:

Pada waktu berada di tampilan utama player, tekanlah tombol ‘next’ selama beberapa saat untuk maju, dan ‘previous’ akan membuat lagu menjadi ‘tergulung’ ke bagian sebelumnya.

Cara lainnya adalah dengan menekan tombol angka 4 dan 6 saat berada di tampilan utama player.

Cara menggunakan keypad untuk membuka menu

Meskipun tombol pembuka menu telah disediakan di handphone, namun Anda tetap dapat menggunakan tombol lain di keypad untuk melakukannya. Berikut ini caranya:

Pada menu utama atau idle, Anda tinggal menekan angka 1 sampai 9 untuk memilih menu tanpa harus menggerakkan tombol navigasi, misalnya angka 1 untuk ke menu ‘message’ dan lain-lain.

Cara mengubah profil normal dan silent

Ini fitur yang bisa dibilang penting tidak penting. Sebagian orang mungkin tidak membutuhkan fitur ini, namun sebagian yang lain selalu membutuhkannya, karena selalu berusaha untuk menyesuaikan ringtone handphonenya dengan suasana atau keadaan waktu yang dihadapinya. Dan ini berarti harus melakukan setting pada bagian profile. Kalau Anda termasuk golongan yang kedua, trik berikut ini pasti akan bermanfaat.

Caranya adalah sebagai berikut:

Tekanlah tombol ‘power’ satu kali, maka akan muncul sederetan menu dari ‘switch off’ sampai beberapa menu hingga ke menu ’Profil’.

Pilihlah menu ‘Profil’, dan setelah itu akan muncul tampilan nama-nama Profil. Pilih ‘Silent’.

Untuk Nokia seri ‘N’, Anda cukup menekan tombol pagar (#) selama beberapa detik. Maka secara otomatis profil akan berpindah dari mode normal ke mode silent.

Untuk mengembalikan ke profil sebelumnya, cukup menekan lagi tombol pagar.

Cara menghapus aplikasi font yang tidak dibutuhkan

Handphone symbian memang tidak jauh beda dengan komputer yang bisa diganti-ganti font atau hurufnya. Hal itu dimungkinkan karena kedua piranti ini mempunyai sistem operasi yang memungkinkan adanya perluasan fungsi.

Pada handphone symbian, proses menghapus aplikasi mungkin akan lebih mudah, yakni cukup dengan masuk ke menu ‘manager’, dan kemudian kita bisa langsung menghapus aplikasi yang tidak diinginkan. Kalaupun tidak ada di ‘manager’, maka kita bisa melakukan cara kedua, yakni dengan menghapusnya di menu C atau E (sistem) apps, lalu menghapus folder aplikasinya.

Namun, hal semacam ini akan berbeda apabila kita ingin menghapus file font. Mengapa? Karena begitu file font ini diinstal, maka aplikasinya tidak bisa dihapus secara manual.

Nah, bagaimana cara untuk mengatasi hal ini? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan suatu tool kecil yang akan cukup dapat membantu. Tool ini akan menghapus font yang tidak kita inginkan. Cukup diinstal, dan kemudian ‘delete font’, maka dalam waktu beberapa detik saja, font yang tidak kita inginkan sudah akan terhapus. Untuk mendapatkan tool ini, silakan didownload aplikasinya di http://ul.to/fuzjou.