Tips dan Trik Seputar Handphone Symbian (1)

 Tips dan Trik Seputar Handphone Symbian

BIBLIOTIKA - Kalau Anda kebetulan memiliki handphone yang berbasis symbian, maka mungkin anda sudah cukup mengetahui mengenai tips-tips dari tombol pada handphone symbian Anda, yang bisa digunakan untuk memudahkan Anda dalam mengakses isi handphone.

Namun, kalau Anda masih merasa awam dengan handphone Anda, atau Anda ingin menambah pengetahuan dalam hal tersebut, maka berikut ini adalah beberapa tips mengenai tombol-tombol keypad yang bisa anda gunakan.

Cara melakukan copy/paste untuk teks, gambar, video, rindgtone dan SMS

Untuk teks

Berikut ini adalah langkah yang akan memudahkan Anda dalam membuat copy atas suatu teks yang sama, misalnya untuk mengirim sms atau e-mail. Caranya adalah sebagai berikut:

Letakkan posisi kursor di depan teks yang akan dicopy, lalu tekan tombol ‘ABC’ yang bergambar pensil di handphone Anda.

Setelah itu, geser kursor dengan tombol navigasi ke arah kanan sampai pada akhir teks.

Tekan tombol softkey bagian kiri untuk memunculkan menu ‘copy’ dan kemudian tekan tombol softkey bagian kanan untuk menu ‘paste’.

Terakhir, letakkan kursor di tempat yang Anda inginkan dan kemudian tekan ‘paste’.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA untuk Anda. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.

Untuk gambar, video, ringtone dan SMS


File - file semacam gambar, rekaman video, ringtone atau musik dan data-data SMS biasanya akan memberatkan kinerja handphone apabila tersimpan di memori handphone. Karena itu, sebaiknya file-file yang memiliki kapasitas besar semacam itu dipindahkan saja ke kartu memori eksternal. Berikut ini adalah caranya yang mudah:

Untuk file-file yang berupa gambar, video dan ringtone, masuklah ke folder ‘Image’ atau ‘Galery’ di hanphone Anda, dan kemudian klik ‘Option’.

Setelah itu, klik menu ‘Mark’ untuk memilih file tertentu atau ‘Mark All’ untuk memilih semua file yang ada.

Kemudian klik ‘Option’ lagi untuk memilih menu ‘Move to folder’ ke memori eksternal atau ‘Copy to Memory Card’ untuk handphone symbian versi baru.

Untuk pesan SMS, klik folder ‘Messaging’ atau ‘Pesan’.

Kemudian klik ‘Option’ dan pilih ‘Other’, lalu pilih ‘Memory in use’ (memory yang digunakan) dan kemudian pilih kartu memori eksternal.

Cara menghapus laporan SMS secara otomatis

Laporan-laporan SMS (yang menyebutkan bahwa sebuah SMS telah sampai di tujuan atau sebaliknya), biasanya hanya menyesaki isi memori handphone. Selain tidak terlalu berguna, ‘sampah’ laporan ini juga berpotensi memberatkan kinerja handphone. Karenanya, berikut ini adalah cara untuk menghapus laporan SMS secara berkala di handphone symbian Anda. Ini adalah cara yang otomatis tanpa Anda harus terus-menerus melakukan penghapusan secara manual:

Klik menu ‘Log’.

Pilih ‘Option’, lalu pilih ‘Setting’ dan masuklah ke menu ‘Log Duration’ untuk menentukan waktu penghapusan yang diinginkan.

Cara melakukan setting shortcut pada handphone

Dengan menggunakan fitur ini, maka Anda nantinya akan bisa masuk ke aplikasi yang diinginkan di dalam handphone Anda, tanpa harus masuk terlebih dulu ke menu utama. Berikut ini caranya:

Masuklah ke menu ‘Tool’ dan kemudian klik ‘`Setting’, klik ‘Phone’, lalu klik ‘Stand by mode’.

Selanjutnya akan terdapat fungsi tombol shortcut yang ada dan bisa diganti dengan aplikasi yang Anda inginkan.

Baca lanjutannya: Tips dan Trik Seputar Handphone Symbian (2)